Tubuh Mudah Kelelahan, Kenali 10 Tanda Penyebabnya

- 15 Januari 2022, 06:58 WIB
Tubuh Mudah Kelelahan, Kenali 10 Tanda Penyebabnya
Tubuh Mudah Kelelahan, Kenali 10 Tanda Penyebabnya /Pexels

ZONABANTEN.com – Bermacam-macam pendapat atau istilah yang dipahami masyarakat tentang kelelahan. Kelelahan juga memiliki istilah seperti kecapekan, kepenatan, atau kepayahan.

Semua istilah dari kata “lelah” secara signifikan menggambarkan kondisi kesehatan tubuh yang tidak memiliki energi. Biasanya pemicu utama manusia mudah merasakan lelah disebabkan oleh padatnya aktivitas.

Sikap kelelahan ini juga kerap dikaitkan dengan menghilangnya kemampuan seseorang untuk bereaksi terhadap suatu rangsangan. Kelelahan pada manusia merupakan hal yang wajar dan sangat kompleks.

Realitanya siapa saja dapat merasakan lelah. Usia manusia yang mudah merasa lelah biasanya dimulai dari remaja, dewasa, hingga lansia (lanjut usia).

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Kesehatan yang Menarik dari Biji Chia, Bisa Juga Menurunkan Berat Badan!

Kelelahan juga dapat menjadi pemicu dari gejala penyakit serius. Namun kebanyakan dari kasus tersebut dikarenakan adanya pola gaya hidup yang sederhana.

Artikel ini mencantumkan 10 tanda penyebab mengapa tubuh manusia mudah merasa kelelahan :

  1. Konsumsi Karbohidrat Berlebih

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan manusia. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Dalam ilmu gizi karbohidrat terbagi menjadi 2 golongan yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Saat mengkonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahnya menjadi gula yang dapat menjadi bahan bakar. Artinya ketika manusia mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan maka menyebabkan kondisi gula darah sedang tidak stabil. Hasil akhir bagi tubuh manusia cenderung memberi respon mudah lelah.

Halaman:

Editor: Rizki Ramadhan

Sumber: Healthline


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X