Gula Darah Naik usai Lebaran? Jangan Dibiarkan, Simak 6 Tips Mengatasinya di Sini!

- 22 April 2024, 14:09 WIB
Simak tips mengatasi gula darah yang naik setelah lebaran
Simak tips mengatasi gula darah yang naik setelah lebaran /xb100

ZONABANTEN.com – Hidangan seperti rendang daging, ketupat, opor ayam, sayur lodeh, hingga aneka kue kering dan berbagai macam sirup menjadi santapan wajib dan tidak bisa dihindari saat Idulfitri. Namun, penderita diabetes perlu mengontrol dan menjaga asupan makanannya agar kadar gula darahnya tidak naik.

Kadar gula darah manusia dapat dikatakan normal jika kurang dari 100mg/dl. Apabila kadarnya mencapai 100-125mg/dl maka masuk ke dalam kondisi prediabetes. Sementara itu, kadar gula darah yang mencapai 126m/dl ke atas sudah tergolong ke dalam kondisi diabetes.

Gula darah naik ditandai dengan badan yang mudah lelah, penglihatan terasa kabur, mudah lapar, meningkatnya frekuensi buang air kecil, berat badan turun, dan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh kita.

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, jangan khawatir. Anda bisa melakukan enam tips ini untuk mengatasi gula darah yang naik.

Baca Juga: Jarang Disadari, Kenali 10 Tanda-Tanda Penyakit Diabetes Ini

1. Rutin Melakukan Olahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin dapat menurunkan gula darah dan ampuh mencegah diabetes. Hal ini karena olahraga dapat membantu sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Karena sensitivitas meningkat, kadar gula darah cenderung menurun. Secara bertahap, gejala diabetes pun bisa dikendalikan. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jogging. Dengan gerakan kaki dan tangan secara menyeluruh, kalori dalam tubuh terbakar.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi banyak buah dan sayur lebih bisa membantu pencegahan diabetes dan mampu meningkatkan insulin di dalam tubuh. Sayuran yang baik dikonsumsi antara lain brokoli, kacang-kacangan, kol, dan bayam.

Selain sayur, buah-buahan juga bisa mengatasi diabetes secara alami, misalnya buah naga yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Oleh karena itu, mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kadar glukosa darah.

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis

Sumber: Dinkes Semarang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah