Lembah Ciletuh Tiga Kali Ganti 'Warna'

- 29 Juni 2020, 18:58 WIB
Geopark Ciletuh /eRIE

ZONABANTEN.com - Ciletuh Geopark memang patut disambangi bagi pecinta keindahaan sejati. Di area yang total luasnya tak kurang dari 128.000 hektar itu merupakan salah lokasi adanya evolusi permukaan bumi yang paling kasat mata.

Ya, diperkirakan sekitar 60 juta tahun lalu Teluk Ciletuh terangkat dari dasar lautan akibat tumbukan Lempeng Eurasia (Lempeng Benua) dan Lempeng Indo-Australia (Lempeng Samudera).

Akibat dari pertemuan dua lempeng raksasa itulah yang memunculkan sebuah lembah di kawasan Sukabumi Selatan yang kini dikenal sebagai Ciletuh Geopark itu. Bentuknya yang serupa tapal kuda bagaikan amfiteater raksasa tersebut berisikan areal persawahan, perikanan laut.

Baca Juga: Fakta Unik Seputar Kehidupan Orochimaru, Shinobi yang Sangat Berbakat

Bentuk amfiteater itu bisa terlihat jika disimak seksama dari titik pandang yang berada di Panenjoan, ini merupakan titik pandang pertama saat memasuki kompleks Ciletuh Geopark. Di sekitarnya terdapat tiga air terjun, atau juga disebut Curug, yaitu Curug Awang, Curug Tengah, dan Curug Manik yang sekilas serupa air terjun Niagara.

Lembah Ciletuh merupakan areal persawahan, warnanya berubah sesuai musim tanam
Lembah Ciletuh merupakan areal persawahan, warnanya berubah sesuai musim tanam /eRIE

Kawasan yang berada di lingkungan Kabupaten Sukabumi itu sebenarnya bisa dikunjungi kapan saja alias tidak tergantung musim. Namun dengan adanya ribuan hektar areal persawahan yang ada di lembah Ciletuh memunculkan potensi perubahan ‘warna’ wilayah.

Hal tersebut akan terjadi seiring pula dengan perubahan cuaca seiring musimnya, tentu saja akan berpengaruh pada musim tanam padi. Seiring itu juga atmosfir wilayah yang jaraknya dari kota Pelabuhan Ratu sekitar 47 kilometer tersebut ikut berganti. 

Baca Juga: Selain Sukses di Dunia Entertainment, Lima Artis Cantik Ini Juga Hobi Yoga

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X