Hari Everest Internasional 29 Mei, Peringatan untuk Menghormati Para Pendaki Gunung Tertinggi di Dunia Ini

- 26 Mei 2023, 11:30 WIB
Ketahui sejarah Hari Everest Internasional 29 Mei
Ketahui sejarah Hari Everest Internasional 29 Mei /Eknbg/Pixabay

ZONABANTEN.com – Hari Everest Internasional 29 Mei, peringatan untuk menghormati para pendaki gunung tertinggi di dunia ini. Gunung Everest terkenal di seluruh dunia sebagai gunung tertinggi yang pernah ada. Banyak orang bermimpi untuk melihat ketinggian raksasa ini secara langsung, bahkan mungkin mendaki lerengnya yang tangguh dan mencapai puncaknya yang menakjubkan.

Hari Everest Internasional adalah kesempatan untuk merayakan keajaiban alam yang menakjubkan ini dan para petualang pemberani yang telah berani mendaki.

Terletak di perbatasan antara Nepal dan Cina di Himalaya, Everest adalah gunung yang memiliki banyak nama selama bertahun-tahun.

Nama Nepalnya, ‘Sagarmāthā’, diterjemahkan sebagai 'Kepala di Langit Biru Besar', di Tibet dikenal dengan ‘Qomolangma’ berarti 'Bunda Suci', sedangkan nama bahasa Inggris berasal dari Jenderal Surveyor Inggris di India, Sir George Everest.

Baca Juga: Hari Ini dalam Sejarah: Edmund Hillary Jadi Pendaki Gunung Everest Pertama, Berikut Biografi Singkatnya 

Upaya mendaki Gunung Everest dimulai pada tahun 1920-an, dengan berbagai ekspedisi yang dipimpin oleh Inggris.

Sementara beberapa pendaki berhasil mendekati puncak, baru pada tahun 1953 selama ekspedisi kesembilan, prestasi pamungkas ini akhirnya dicapai oleh Tenzing Norgay dan Edmund Hillary.

Pasangan petualang, Norgay seorang Sherpa Nepal-India dan Hillary seorang Selandia Baru, mencapai puncak Everest pada pukul 11:30 pada tanggal 29 Mei 1953, menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak gunung yang terkenal di dunia ini.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Days of The Year


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub