Dinasti Politik Keluarga Jayabaya Berlanjut, Anak Bungsunya Juga Mau Ikut Pilkada Kabupaten Lebak 2024

- 25 April 2024, 14:46 WIB
Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, Bakal Calon (Bacalon) Kepala Daerah Kabupaten Lebak periode 2024-2029.
Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, Bakal Calon (Bacalon) Kepala Daerah Kabupaten Lebak periode 2024-2029. /Instagram @pdiperjuangan

ZONABANTEN.com – Anak bungsu Mulyadi Jayabaya, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, berkeinginan untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Lebak, Hilman Abdullah, pihaknya telah menerima pendaftaran Hasbi sebagai calon kepala daerah dari partai politik (parpol) yang berbeda.

Hasbi adalah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tahun ini, dia juga berkompetisi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetapi dipastikan tidak lolos lagi ke parlemen tersebut.

Sang ayah, Mulyadi Jayabaya, sebelumnya telah menjabat sebagai Bupati Lebak dua periode (2003-2013). Sang kakak, Iti Octavia Jayabaya, juga telah memegang jabatan serupa selama dua periode (2014-2024). Kini Hasbi hendak melanjutkan langkah keluarganya di bidang politik.

Baca Juga: Usai Ayah dan Kakaknya Jadi Bupati Lebak, Hasbi Asyidiki Jayabaya Mau Ikut Pilkada 2024 Juga

Hasbi sekarang berusia 40 tahun. Dia pernah menimba ilmu di Universitas Bung Karno hingga mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S. H). Sebelum berkecimpung di dunia politik, dia bekerja sebagai Direktur PT Giri Jaya Putra, sebuah perusahaan di Kabupaten Lebak.

Hasbi juga pernah menjabat di beberapa organisasi. Dia adalah Wakil Ketua Bidang Pemuda Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Banten pada 2017-2019. Dia pun pernah menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Lebak pada 2013-2018.

Jika Hasbi mengikuti Pilkada Kabupaten Lebak 2024, dia berpotensi melawan Akhmad Jajuli, seorang pengusaha yang juga merupakan putra asli daerah ini. Jajuli telah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam pesta demokrasi tersebut.

Sementara itu, Iti juga mengikuti Pemilu 2024 sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Demokrat Kabupaten Lebak. Namun, jumlah suara yang diperoleh Iti tidak cukup untuk mengantarkannya ke kursi DPR RI periode 2024-2029.

Baca Juga: Akhmad Jajuli Siap Ikut Pilkada Kabupaten Lebak 2024, Ini Visi dan Misinya

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah