Loyalitas Petugas Kebersihan Kota Tangerang, Belasan Tahun Mengabdi, Terserempet Motor Sudah Biasa

- 19 April 2024, 12:49 WIB
Potret seorang petugas kebersihan Kota Tangerang yang sedang menjalankan tugasnya
Potret seorang petugas kebersihan Kota Tangerang yang sedang menjalankan tugasnya /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Berbagai penghargaan telah diraih Kota Tangerang, termasuk penghargaan di bidang kebersihan. Dalam 10 tahun terakhir, daerah yang dijuluki sebagai Kota Benteng ini mampu menyabet sepuluh penghargaan Adipura.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kota yang mampu menjaga kebersihannya dengan baik dan berkelanjutan. Prestasi Kota Tangerang ini tak lepas dari loyalitas para petugas kebersihannya yang selalu siap ditugaskan kapan saja, termasuk saat lebaran.

Aan Srihana, seorang penyapu jalan yang telah mengabdi di Kota Tangerang selama 19 tahun, mengaku mampu mengantarkan anak-anaknya ke perguruan tinggi. Lahir di Provinsi Jawa Barat, dia dan sang suami memutuskan untuk pindah guna memperbaiki kondisi perekonomian keluarganya.

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah bisa menyekolahkan empat anak hingga kuliah, sekarang satu anak lagi masih sekolah di SMK, semua dijalani untuk anak dan keluarga,” katanya.

Baca Juga: Kota Tangerang Jadi Tuan Rumah Liga 3 Nasional 2024, Stadion Benteng Reborn Disiapkan Sebaik Mungkin

Selama bekerja sebagai penyapu jalan, Aan telah melewati beragam suka duka. Dia tetap bekerja di bawah teriknya matahari bahkan saat hujan deras. Semua itu dilakukannya demi menjaga kebersihan Kota Tangerang. Dia pun rela tidak mudik lebaran meskipun rindu pada keluarganya.

Aan pun telah mengalami kecelakaan berkali-kali selama menjalankan tugasnya. Namun, semua duka itu dia terima dengan hati yang ikhlas. Rasa lelah pun dimaknainya sebagai suatu hal yang biasa. Dia tetap bersyukur karena hingga saat ini Sang Pencipta masih memberikannya kesehatan.

“Sudah empat kali terserempet motor saat bertugas. Namanya juga musibah, tidak ada yang tahu kapan akan terjadi. Alhamdulillah, baik dari pengawas dan juga DLH sigap dan langsung membantu,” ujarnya.

Marjuki, penyapu jalan lainnya yang telah mengabdi di Kota Tangerang selama 15 tahun, mengatakan hal serupa. Dia mengaku akan tetap bertugas sebaik-baiknya sesuai arahan yang disampaikan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

Baca Juga: Program Sekolah Swasta Gratis dari Pemkot Tangerang Masih Berjalan, Silakan Dimanfaatkan

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah