Ikut Pilkada Banten 2024, Airin Rachmi Diany Berpotensi Melawan 5 Tokoh Ternama Ini

- 11 April 2024, 16:27 WIB
Airin Rachmi Diany, kader Partai Golkar yang bakal mengikuti Pilkada Banten 2024.
Airin Rachmi Diany, kader Partai Golkar yang bakal mengikuti Pilkada Banten 2024. /Instagram @airinrachmidiany

ZONABANTEN.com – Nama Airin Rachmi Diany mulai santer dibicarakan pasca Pemilu 2024. Mantan wali Kota Tangsel dua periode itu digadang-gadang akan maju sebagai Cagub Banten dari Partai Golkar.

Tahun ini, Airin dipastikan lolos ke DPR RI setelah mampu mengumpulkan 302.878 suara di Dapil Banten 3 (Tangerang Raya). Dia pun menjadi Caleg DPR RI dari Partai Golkar dengan perolehan suara terbanyak se-Indonesia.

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, telah menyatakan dukungannya untuk Airin. Menurut Airlangga, Airin siap menjadi Gubernur Banten dan layak menjadi role model bagi kader Partai Golkar se-Indonesia.

Pada Januari 2024, Prabowo Subianto yang merupakan Capres Indonesia nomor urut 01 mempromosikan Airin sebagai Gubernur Banten. Saat itu dia menggelar kampanye akbar di Kota Serang bersama timsesnya.

Baca Juga: Bakal Ikut Pilkada Banten 2024, Airin Rachmi Diany Siap Angkat Kaki dari Kursi DPR RI

Jika Airin mengikuti Pilkada Banten 2024, dia berpotensi melawan lima tokoh yang kapabilitasnya juga patut diperhitungkan. Pertama ada Rano Karno. Tahun ini dia juga mengikuti Pemilu 2024 di Dapil Banten 3.

Rano berstatus incumbent atau caleg petahana. Dia berhasil mengumpulkan 149.397 suara di Dapil Banten 3 dan dipastikan bakal duduk kembali di kursi DPR RI. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai kepala daerah beberapa kali.

Mantan aktor yang terkenal berkat perannya dalam sinetron bertajuk Si Doel Anak Sekolahan itu memiliki modal yang cukup besar untuk mengikuti Pilkada Banten 2024. Selain populer, dia pun terbilang sangat berpengalaman di dunia pemerintahan.

Tokoh kedua yang berpotensi menjadi saingan Airin dalam Pilkada Banten 2024 adalah Wahidin Halim. Politikus Partai NasDem itu mengaku siap menjadi Gubernur Banten lagi meskipun gajinya tidak besar. Dia pun telah mendapatkan dukungan dari parpolnya.

Baca Juga: Profil Airin Rachmi Diany, Bakal Calon Gubernur Banten yang Pernah Ikut Puteri Indonesia

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah