Profil Airin Rachmi Diany, Bakal Calon Gubernur Banten yang Pernah Ikut Puteri Indonesia

- 17 Maret 2024, 10:12 WIB
Airin Rachmi Diany, bakal calon Gubernur Banten periode 2024-2029.
Airin Rachmi Diany, bakal calon Gubernur Banten periode 2024-2029. /Instagram @airinrachmidiany

ZONABANTEN.com – Nama Airin Rachmi Diany mulai sering dibicarakan sejak dirinya digadang-gadang akan mengikuti Pilkada Banten 2024. Wanita berusia 47 tahun ini bahkan di-endorse Prabowo Subianto dalam kampanye akbar capres nomor urut 01 yang digelar di Kota Serang pada Januari lalu.

Menjelang Pilkada Banten 2024, baliho bergambar wajah Airin Rachmi Diany mulai bermunculan. Politikus Partai Golkar itu pun mulai bergerak memperkenalkan dirinya ke masyarakat Provinsi Banten. Baru-baru ini, dia bersilaturahmi dengan warga Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang.

Tahun ini, Airin Rachmi Diany dipastikan lolos ke parlemen. Dia mengikuti Pemilu 2024 sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Banten 3 yang mencakup Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangsel (Tangerang Raya). Menantu Ratu Atut Chosiyah itu berhasil mendapatkan suara terbanyak di dapilnya.

Baca Juga: 10 Caleg Dapil Banten 3 yang Bakal Duduk di Kursi DPR RI, Ada Airin Rachmi Diany dan Rano Karno

Profil Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany sudah cukup lama berkecimpung di dunia politik. Dia pernah menjabat sebagai Wali Kota Tangsel periode 2011-2021. Wanita berkaca mata ini dulunya menimba ilmu di Universitas Parahyangan dan Universitas Padjajaran hingga mendapatkan gelar doktor dengan jurusan yang sama yaitu hukum.

Sebelum menjadi Wali Kota Tangsel, Airin mengawali karirnya sebagai notaris. Airin juga sangat aktif di berbagai organisasi. Hal ini membuat keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasinya terasah dengan baik. Airin pun dikenal sebagai sosok yang ramah dan berjiwa sosial tinggi.

Pada 1996 silam, Airin pernah mengikuti Puteri Indonesia. Dia terpilih sebagai Puteri Indonesia Favorit sekaligus Puteri Indonesia Pariwisata. Dalam sebuah wawancara, Airin mengaku termotivasi untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut karena ingin menambah teman dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga: Awal Ramadan 1445 H, Cagub Banten Airin Rachmi Diany Gelar Silaturahmi di Pandeglang

Saat masih SMA, Airin pernah menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat. Dia tidak lolos ke tingkat nasional dan hal inilah yang menumbuhkan semangatnya untuk berkompetisi dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia, sebab pesertanya berasal dari seluruh provinsi se-Tanah Air.

Selama menjabat sebagai Wali Kota Tangsel, Airin pernah menerima beberapa penghargaan, salah satunya Kepala Daerah Paling Inovatif. Dia juga berhasil membangun beberapa infrastruktur, salah satunya RSUD. Selain itu, IPM Kota Tangsel mengalami peningkatan di masa kepemimpinannya.

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah