Musim Hujan, Masyarakat Kota Tangerang Diminta Waspada Penyakit Kulit hingga Pernapasan

- 3 Januari 2024, 12:55 WIB
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni.
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni. /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Musim hujan diprediksi akan segera memasuki wilayah Kota Tangerang. Oleh karena itu, masyarakat setempat diminta untuk waspada terhadap sejumlah penyakit yang mudah merebak saat musim hujan, salah satunya penyakit kulit.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, penyakit yang sering muncul saat musim hujan tidak hanya penyakit kulit, tetapi juga penyakit pernapasan seperti flu, penyakit pencernaan seperti diare, serta Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan leptospirosis akibat infeksi bakteri.

Oleh karena itu, masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti rutin mengonsumsi sayur dan buah, minum air mineral, berolahraga, mengonsumsi vitamin, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama rumah masing-masing agar aman dari nyamuk Aedes aegypti atau kuman pembawa bibit penyakit.

“Penyakit-penyakit tersebut sangat umum terjadi di musim penghujan. Di sekitar kita mungkin sudah ada yang mulai demam disertai flu dan batuk. Jadi, PHBS menjadi salah satu antisipasi agar tubuh kita tetap sehat,” katanya.

Baca Juga: Pneumonia di Cina Menyebar ke Belanda, Dinkes Kota Tangerang: Waspada, Terapkan PHBS

dr. Dini melanjutkan, guna mencegah penyebaran DBD saat musim hujan, masyarakat Kota Tangerang juga dapat menerapkan Jumantik (Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik) secara mandiri untuk memeriksa tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti.

“Kita harus memulai dari rumah sendiri untuk menjadi Jumantik, sehingga keluarga dan rumah kita aman, serta lingkungan dan tetangga kita juga dapat meniru hingga menerapkan hal yang sama, menjadi Jumantik,” ujarnya.

dr. Dini pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk segera mendatangi puskesmas, rumah sakit, atau klinik kesehatan terdekat jika mengalami gejala-gejala penyakit tersebut. Namun, dia berharap seluruh masyarakat Kota Tangerang tetap sehat selama musim hujan kali ini.

“Silakan kunjungi fasyankes terdekat untuk mendapatkan penanganan dari tenaga kesehatan. Mudah-mudahan di musim penghujan ini kita semua terhindar dari berbagai penyakit dan terus menerapkan PHBS sehari-hari,” tuturnya.

Baca Juga: Kecanduan Merokok dan Ingin Berhenti? Hubungi Dinkes Kota Tangerang untuk Konsultasi Gratis

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis

Sumber: tangerangkota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah