Kecanduan Merokok dan Ingin Berhenti? Hubungi Dinkes Kota Tangerang untuk Konsultasi Gratis

- 1 Desember 2023, 12:07 WIB
Dinkes Kota Tangerang menyediakan konsultasi gratis bagi warga setempat yang kecanduan merokok dan ingin berhenti.
Dinkes Kota Tangerang menyediakan konsultasi gratis bagi warga setempat yang kecanduan merokok dan ingin berhenti. /Pixabay

ZONABANTEN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang berkomitmen mengampanyekan bahaya merokok bagi kesehatan. Salah satu cara yang dilakukan Dinkes Kota Tangerang untuk menyehatkan seluruh masyarakat setempat adalah menyediakan layanan bagi yang ingin berhenti merokok.

Menurut Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, layanan bernama Quitline ini dapat diakses melalui ponsel. Pihaknya akan memberikan konsultasi secara gratis bagi warga Kota Tangerang yang kecanduan dan ingin berhenti merokok selamanya.

“Pengguna layanan ini akan mendapatkan fasilitas konsultasi untuk berhenti merokok. Konsultasi tersebut akan meliputi screening awal, pengumpulan informasi demografi, riwayat merokok penelpon, sampai bimbingan bila dibutuhkan penanganan lebih lanjut,” katanya.

dr. Dini melanjutkan, warga Kota Tangerang dapat mengakses layanan tersebut dengan menghubungi nomor 08001776565 pada Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB, tanpa dibebani biaya pulsa. Dia memastikan layanan ini dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat Kota Tangerang.

Baca Juga: Pemilu 2024 Mendekat, Wali Kota Tangerang: Jangan Terpecah-belah karena Berbeda Pilihan

“Tidak hanya layanan Quitline ini, Dinkes Kota Tangerang juga mendorong pemberantasan konsumsi rokok dengan membuka Klinik Upaya Berhenti Merokok yang bisa diakses di Puskesmas Kota Tangerang,” ujarnya.

dr. Dini berharap layanan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang dengan baik untuk menurunkan jumlah perokok aktif di daerah ini, terutama anak-anak yang masih sekolah dan terpengaruh lingkungan sekitarnya sehingga merokok menjadi hal yang biasa.

Kecanduan merokok pada remaja berpotensi menimbulkan perilaku tidak terpuji seperti memalak teman atau mencuri uang orang tua sendiri untuk membeli rokok. Merokok juga berpotensi menimbulkan penyakit paru-paru, hati, jantung, mulut, kerongkongan, bahkan penyakit ginjal dan lambung.

Perlu diketahui bahwa rokok mengandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Saat ini, banyak orang yang beralih menggunakan rokok elektrik dengan alasan keamanan. Namun, rokok elektrik faktanya juga berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Kirab Pemilu 2024, KPU Kota Tangerang: Jangan Terpancing Hoaks dan Jadilah Pemilih Cerdas

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis

Sumber: tangerangkota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah