Bertemu dengan Menlu Wang Yi, Menlu Retno Ajak China Deeskalasi Konflik Timur Tengah Bersama Indonesia

- 18 April 2024, 18:00 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China, Wang Yi pada Kamis, 17 April 2024
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China, Wang Yi pada Kamis, 17 April 2024 /@Kemlu_RI/Twitter

ZONABANTEN.com – Bertemu dengan Menlu Wang Yi, Menlu Retno ajak China deeskalasi konflik Timur Tengah bersama Indonesia. Pada Kamis, 18 April 2024, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno mengatakan bahwa Indonesia dan China memiliki pandangan dan komitmen yang sama terkait pentingnya mencegah eskalasi konflik di wilayah Timur Tengah, serta upaya konkret dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Selain itu, Retno juga menyoroti bahwa kunjungan Menlu Wang Yi ke Indonesia saat ini berlangsung di tengah kekahwatiran bersama terkait situasi di Timur Tengah menyusul permusuhan terbaru antara Iran dan Israel.

Baca Juga: Serukan Deeskalasi Konflik di Timur Tengah, Kemenlu Lakukan Upaya Diplomatik dengan Sejumlah Negara 

“Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya semua pihak menahan diri dan pentingnya untuk melakukan deeskalasi,” ujar Retno dalam pernyataan pers usai pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Menlu Retno juga menjelaskan kepada Menlu Wang Yi terkait upaya diplomatik Indonesia sejauh ini untuk meredakan eskalasi di Timur Tengah.

Retno yakin, China akan memanfaatkan pengaruh yang dimilikinya untuk mencegah konflik di wilayah Timur Tengah semakin meluas.

“Stabilitas Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa penyelesaian isu Palestina,” kata Retno.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah