IPB Buka Pendaftaran Jalur Prestasi Pramuka dan Ketua OSIS, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

- 13 Februari 2023, 15:55 WIB
IPB  Bogor
IPB Bogor /Dok IPB./

 

ZONABANTEN.com – Apakah kamu seorang pelajar yang aktif di sekolah sebagai pramuka atau ketua OSIS dan bermimpi bisa menempuh pendidikan di IPB?  

Institut Pertanian Bogor (IPB) saat ini membuka pendaftaran melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri.

Selain itu IPB juga membuka jalur prestasi Pramuka yang merupakan jalur yang diselenggarakan dalam bentuk kerjasama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat dan juga jalur ketua OSIS.

Tetapi sayangnya jalur ini masih berlaku hanya untuk siswa-siswi aktivis pramuka yang berasal dari daerah Jawa Barat dan untuk jalur ketua OSIS hanya untuk pendidikan vokasi dan sarjana terapan

Adapun tujuan dan harapan IPB membuka jalur pendaftaran tersebut adalah untuk menghasilkan calon-calon pemimpin, baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

 Baca Juga: Sejarah Peringatan Hari Valentine 14 Februari, Berasal dari Legenda Beberapa Negara di Dunia

Pada tahun 2019, IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru program Sarjana jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB.

Mulai tahun 2023 IPB membuka jalur Ketua OSIS untuk program Diploma III dan Sarjana Terapan Sekolah Vokasi untuk menjaring kader-kader pemimpin masa depan.

Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA/sederajat, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Nah, inilah kualifikasi untuk mengikuti seleksi jalur ketua OSIS,

1. Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/SMK (jurusan SMK sesuai dengan persyaratan program studi), yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai Ketua Osis

2. Lulusan tahun 2023;

3. Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

 Baca Juga: 13 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Radio Sedunia, Begini Sejarah Penetapan Peringatan Ini

Sedangkan persyaratan untuk mengikuti seleksi jalur pramuka adalah sebagai berikut,

1. Lulusan SMA/Sederajat dengan jurusan IPA, SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis/TKJ atau Teknik Komputer Jaringan pada tahun 2023.

2. Memiliki prestasi dalam lomba pramuka tingkat nasional atau nasional

3. Khusus untuk siswa/siswi pramuka berprestasi daerah Jawa Barat

Jika kamu sudah memenuhi syarat-syarat di atas, inilah jadwal seleksi dan tanggal penting yang harus kamu ketahui,

1 Pendaftaran : 1 Februari – 21 Maret 2023 pukul 12.00 WIB

2 Pembayaran Biaya Pendaftaran : 1 Februari – 21 Maret 2023 pukul 16.00 WIB

3 Pengisian Biodata : 1 Februari – 21 Maret 2023 pukul 23.59 WIB

4 Pengumuman : 3 April 2023 melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id

5 Registrasi online : 4 – 11 April 2023

6 Unduh Tagihan UKT : 17 April 2023

7 Periode Pembayaran UKT : 1 – 5 Mei 2023

(jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan terlebih dahulu)

 Baca Juga: Sering Merasa Terpuruk? Coba Terapkan 7 Konsep Orang Jepang Berikut yang Membuatmu Lebih Memaknai Hidup

Dan inilah tata cara pendaftaran yang harus kamu lakukan,

1. Siswa membaca persyaratan pendaftaran penerimaan Jalur Ketua OSIS Sekolah Vokasi.
2. Siswa membuat akun di laman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.
3. Siswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran yang dapat dilihat di https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
4. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.
5. Siswa wajib mengunggah Pas foto terbaru berwarna, surat rekomendasi dari Kepala Sekolah (Format diunduh disini) dan Surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua
6. Apabila seluruh pendaftaran sudah lengkap, siswa mendapatkan kartu peserta dan silakan untuk mengunduhnya
7. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.
8. Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya UKT.***

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: IPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x