Sejarah Dibalik Hari Pemberantasan Kemiskinan 17 Oktober, Kampanye Solidaritas Mencapai Keadilan

- 17 Oktober 2020, 10:12 WIB
WARGA miskin kota.*/ADE BAYU INDRA/PR /Ade Bayu Indra/

ZONABANTEN.com – Tepat pada hari ini, Sabtu 17 Oktober 2020 memperingati International Day for the Eradication of Poverty atau Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia.

Tapi tahukah Anda mengapa ada peringatan hari ini? dan mengapa Hari Pemberantasan Kemiskinan ini bisa tercetus?.

Baik Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia maupun hari-hari Internasional lainnya pasti memilki makna sejarah sendiri sebelumnya atau sengaja dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan suatu hal.

Baca Juga: Update Harga Emas Antam di Butik LM Hari Sabtu 17 Oktober 2020, Logam Mulia Akhirnya Turun

Tema Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia tahun ini adalah ‘Bertindak bersama untuk mencapai keadilan sosial dan lingkungan untuk semua’.

Melansir dari United Nations. Tema ini membahas tantangan untuk mencapai keadilan sosial dan lingkungan untuk semua. Orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrim yang seringkali karena kebutuhan semata, adalah yang pertama bertindak tegas dalam komunitas mereka dalam menanggapi kemiskinan, perubahan iklim dan tantangan lingkungan.

Namun, upaya dan pengalaman mereka sering kali luput dari perhatian dan tidak dihargai, kemampuan mereka untuk berkontribusi secara positif pada solusi telah diabaikan, mereka tidak diakui sebagai penggerak perubahan, dan suara mereka tidak didengar, terutama di badan-badan internasional.

Baca Juga: Update Harga Emas Batangan ANTAM Hari Ini di Galeri 24, Sabtu 17 Oktober 2020, Naik Lagi

Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia menjadi hari pengakuan perjuangan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Sekaligus hari ini bisa menjadi kampanye untuk menjadi solidaritas kemanusiaan terhadap mereka yang hidup dalam kemiskinan dan saatnya mereka didengar.

Halaman:

Editor: Bondan

Sumber: United Nations, National Day Calender


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X