Mengenal Ubasute, Tradisi Kuno Membuang Orang Tua Renta ke Hutan Hingga Meninggal di Sana

- 6 Desember 2021, 21:08 WIB
Mengenal Ubasute, Tradisi Kuno Membuang Orang Tua Renta ke Hutan Hingga Meninggal di Sana
Mengenal Ubasute, Tradisi Kuno Membuang Orang Tua Renta ke Hutan Hingga Meninggal di Sana /Ancient Origins

ZONABANTEN.com - Ubasute merupakan praktik kuno yang berasal dari cerita rakyat Jepang, di mana keluarga yang sedang sakit atau menua dibuang ke hutan untuk mati di sana.

Meskipun ubasute telah dibuktikan keberadaannya dalam sejumlah legenda Jepang, tidak jelas apakah itu benar-benar menjadi praktik umum di masa lalu.

Ubasute atau obasute secara harfiah berarti 'meninggalkan seorang wanita tua'. Ada pula istilah oyasute yang memiliki arti 'meninggalkan orang tua'.

Tradisi ini menjadi salah satu bentuk senisida (pembunuhan orang tua) karena mengharuskan seseorang meninggalkan orang tuanya di gunung atau terpencil lainnya hingga mereka mati di sana.

Baca Juga: Tanah Wakaf Jadi Sengketa, Kemenag Tangsel: Dosa Terhadap Orang Tua dan Tuhan YME

Salah satu tempat yang menjadi lokasi populer untuk ubasute adalah di barat laut kaki Gunung Fuji, yang dikenal sebagai Aokigahara (dikenal juga sebagai Jukai yang berarti 'Lautan Pohon').

Karena itulah penduduk Jepang mengenal tradisi ini dengan istilah ubasuteyama yang memiliki arti 'membuang orang tua ke gunung'.

Kisah ubasute

Meskipun kisah-kisahnya terkesan menampilkan 'pengabaian terhadap orang tua', sebenarnya itu dimaksudkan guna menginspirasi anak-anak agar lebih taat dan tidak meninggalkan orang tuanya yang telah lanjut usia.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Ancient Origins


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X