Brisbane Australia Terpilih Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Pupuskan Harapan Indonesia

- 21 Juli 2021, 16:57 WIB
Brisbane Australia Terpilih Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Pupuskan Harapan Indonesia
Brisbane Australia Terpilih Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Pupuskan Harapan Indonesia /Antara News

 

ZONABANTEN.com Brisbane terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 setelah melalui pemungutan suara negara-negara anggota Komite Olimpiade Internasional di Tokyo.

Hal ini menjadikan Australia sebagai negara penyelenggara Olimpiade sebanyak tiga kali setelah Melbourne pada 1956 dan Sydney pada tahun 2000.

Keputusan ini diambil pada Rabu, 21 Juli 2021 dengan kota Australia satu-satunya kota penawaran yang masih berjalan dan didukung dengan kuat oleh Komisi Tuan Rumah Masa Depan IOC.

Olimpiade 2032, yang ketiga diselenggarakan di Australia setelah Melbourne pada 1956 dan Sydney pada 2000, diperkirakan menelan biaya $5 miliar (sekitar Rp72 miliar).

Sebagian besar dari anggaran yang diperlukan diharapkan dapat diperoleh kembali melalui pendapatan tiket, sponsor domestik, dan hak siar.

Baca Juga: Tubuh Selalu Merasa Lelah, Bisa Jadi Tanda 10 Kondisi Berbahaya Ini

Tawaran tersebut memperkirakan Olimpiade akan membawa keuntungan ekonomi sebesar $17 miliar, meskipun gerakan Olimpiade terkenal dengan ekspektasi tinggi yang tak tertandingi oleh realitas ekonomi.

“Pemerintah saya bangga mendukung kesempatan ini untuk Brisbane dan Queensland tenggara,” kata Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, dikutip ZONABANTEN.com dari The Guardian.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Guardian


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X