Simak 5 Fakta Bunga Telang, si Biru yang Efektif Menyehatkan Tubuh

- 14 Oktober 2021, 06:35 WIB
Bunga Telang, si Biru yang Hadirkan Beragam Manfaat untuk Menyehatkan Tubuh
Bunga Telang, si Biru yang Hadirkan Beragam Manfaat untuk Menyehatkan Tubuh /PIXABAY/Ganesh Balasubramanyam

ZONABANTEN.com - Bunga telang yang memiliki nama ilmiah Clitorea ternatea merupakan tanaman rambat yang tergolong ke dalam keluarga polong-polongan.

Menyebar di seluruh belahan dunia beriklim tropis, menjadikan bunga telang mudah ditemui di berbagai negara. Berikut adalah 5 fakta tentang si biru yang populer di Benua Asia hingga Amerika:

1. Antioksidan

Ekstrak metanol di dalamnya mampu menghambat proses oksidasi dengan baik, sehingga menjadikan bunga telang efektif untuk mencegah keriput pada kulit.

Karena efektivitasnya dalam menghambat tekanan oksidatif, bunga telang juga bermanfaat untuk menangkap radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, salah satunya adalah kanker.

 Baca Juga: 5 Hal Yang Dapat Terjadi Saat Anda Minum Cuka Sari Apel Setiap Hari

2. Antidiabetes

Dikutip dari Tropical Journal of Pharmaceutical Research, tanaman yang biasa disebut dengan butterfly pea ini dapat menghambat aktivitas enzim glukoneogenik, glukosa-6-fosfatase, dan meningkatkan aktivitas enzim glukokinase.

Enzim glukokinase sendiri berguna untuk mengubah glukosa menjadi glukosa 6-fosfat yang mampu membatasi metabolisme glukosa pada tubuh.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: The Journal of Indian Botanical Society.


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X