Sudah Ratusan Tahun Berdiri di Kota Tangerang, Toko Obat Tradisional Cina Ini Tetap Eksis

- 19 April 2024, 16:15 WIB
Toko Obat Ban An Tong yang telah berdiri selama ratusan tahun di Kota Tangerang
Toko Obat Ban An Tong yang telah berdiri selama ratusan tahun di Kota Tangerang /Diskominfo Kota Tangerang

ZONABANTEN.com – Kota Tangerang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang dipengaruhi budaya Cina. Salah satunya Toko Obat Ban An Tong yang telah berusia ratusan tahun dan awalnya merupakan rumah orang Tionghoa.

Toko Obat Ban An Tong didirikan seorang shinse (tabib) asal Cina pada 1908 silam sehingga usianya telah mencapai 116 tahun. Meskipun terbilang sangat kuno, toko obat tradisional ini tetap eksis di kalangan masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya.

Menurut Jimmy, salah satu penerus Toko Obat Ban An Tong, kakek buyutnya tinggal di toko ini bersama sang istri. Kakek buyutnya adalah orang Cina asli yang menikah dengan wanita di Kota Tangerang. Sang kakek kemudian membuka toko obat untuk meneruskan profesinya.

“Jadi, saya punya buyut yang tinggal di sini. Dia datang asli dari Cina dan menikahi wanita Tangerang. Dia seorang shinse, dari situ dia praktik rumahan dan buka toko di kisaran tahun 1908,” kata Jimmy.

Baca Juga: Berusia 448 Tahun, Inilah Masjid Tertua di Kota Tangerang, Awalnya Gubuk Kecil Beratap Daun Kelapa

Toko Obat Ban An Tong menyediakan beragam obat herbal tradisional khas Cina. Di sini tersedia aneka jamu yang dapat dikonsumsi dengan cara diseduh lebih dulu. Kurang lebih seperti teh. Jamu ini pun menjadi salah satu produk terlaris di Toko Obat Ban An Tong.

“Jamu konvensional yang diseduh itu masih ada, itu salah satu yang paling laku di antara jamu-jamuan. Kita spesialis di yang natural dan alami,” ujar Jimmy.

Dia menambahkan, semua obat yang tersedia di toko kakek buyutnya itu telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat sehingga aman dikonsumsi. Banyak orang yang merasa cocok dengan obat-obatan di sini sehingga mereka datang kembali.

Toko Obat Ban An Tong juga menjual aneka produk rumah tangga seperti sabun mandi, sikat gigi, sampo, dan lain-lain. Toko ini rencananya juga akan dilengkapi dengan alat-alat kesehatan sederhana yang dapat digunakan untuk memeriksa beberapa gejala penyakit.

Baca Juga: Waspada Penyakit Tak Menular Pasca Idulfitri, Warga Kota Tangerang Diimbau untuk Cek Kesehatan

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah