Waspada Penyakit Tak Menular Pasca Idulfitri, Warga Kota Tangerang Diimbau untuk Cek Kesehatan

- 17 April 2024, 11:00 WIB
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni.
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni. /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau warga setempat untuk memeriksa kesehatan masing-masing pasca Idulfitri 1445 Hijriah. Imbauan ini disampaikan Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni.

Menurut dr. Dini, pemeriksaan kesehatan pasca lebaran diperlukan untuk mendeteksi penyakit tidak menular (PTM) yang berpotensi muncul akibat buruknya pola hidup warga Kota Tangerang saat merayakan Idulfitri.

Misalnya mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak, mengonsumsi minuman bersoda, dan terlalu banyak menyantap makanan bercita rasa manis. Hal ini berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit yang berdampak buruk jika diabaikan.

“Tak terkecuali menindaklanjuti secara dini faktor resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan untuk segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan lebih lanjut,” katanya.

Baca Juga: Libur Lebaran Usai, Pj. Wali Kota Tangerang: Ayo Tancap Gas Lagi, Selamat Bekerja Kembali

Selain itu, ujar dr. Dini, tingginya mobilitas saat libur lebaran berpotensi menimbulkan kelelahan. Kondisi tubuh yang tidak fit lebih mudah diserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, hal ini perlu diantisipasi dengan menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Masyarakat juga bisa ikut berperan aktif dalam melaporkan masalah-masalah kesehatan di lingkungan yang memerlukan perhatian khusus dari petugas kesehatan, khususnya penyakit-penyakit yang mungkin timbul pasca lebaran ini,” ujarnya.

Kota Tangerang memiliki 20 puskesmas yang dilengkapi dengan Unit Gawat Darurat (UGD), 17 puskesmas dilengkapi dengan Pelayanan Obsteri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), dan 34 rumah sakit yang dapat dimanfaatkan dengan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sementara itu, beberapa penyakit yang biasanya muncul pasca Idulfitri adalah maag, kolesterol tinggi, darah tinggi atau hipertensi, dan diabetes atau peningkatan kadar gula darah. Penyakit-penyakit ini umumnya terjadi karena makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Masjid Raya Al-A’zhom Kota Tangerang Semakin Ramai, Wisatawan: Memang Sebagus Itu

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah