Ribuan Sapi di Kota Tangerang Bakal Divaksinasi untuk Mencegah PMK, Vitamin pun Diberikan

- 19 April 2024, 13:35 WIB
Potret seekor sapi di Kota Tangerang yang akan divaksinasi untuk mencegah PMK
Potret seekor sapi di Kota Tangerang yang akan divaksinasi untuk mencegah PMK /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Menjelang Iduladha 1445 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang mulai melakukan vaksinasi sapi di sejumlah peternakan. Vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan herbivora tersebut.

Menurut Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, pihaknya juga memberikan vitamin guna meningkatkan kekebalan tubuh sapi. Pihaknya baru saja melakukan vaksinasi di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh. Ada 41 ekor sapi yang mendapatkan vaksin PMK.

Muhdorun mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan 2.000 ekor sapi di Kota Tangerang tervaksinasi. Pemilik sapi dapat mengajukan permohonan ke DKP Kota Tangerang agar hewan ternaknya dapat divaksinasi secara gratis dengan bantuan tim khusus.

Menurut Muhdorun, vaksinasi dan pemberian vitamin ini sangat penting untuk mencegah penyebaran PMK pada sapi dan merupakan langkah paling efektif. Dia mengimbau peternak sapi se-Kota Tangerang untuk segera menghubungi pihaknya jika ingin melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Loyalitas Petugas Kebersihan Kota Tangerang, Belasan Tahun Mengabdi, Terserempet Motor Sudah Biasa

“Peternak hanya perlu melakukan permohonan ke UPTD Puskeswan Kota Tangerang secara langsung melalui nomor 0813-9434-3260. Ayo manfaatkan layanan ini secara gratis untuk seluruh sapi-sapi di Kota Tangerang agar sehat dan bugar,” katanya.

Muhdorun mengimbau para peternak sapi di Kota Tangerang untuk segera melapor ke DKP setempat jika menemukan sapi yang terpapar virus PMK. Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan jika hewan ternak ini terserang PMK adalah memisahkannya dari kawanan sapi yang sehat.

“Mengisolasi atau memisahkan hewan yang terpapar PMK merupakan hal pertama yang harus dilakukan agar tidak terjadi penyebaran penyakit kepada hewan-hewan lainnya. Selanjutnya hubungi DKP Kota Tangerang agar sapi yang terkena PMK dapat segera ditangani oleh petugas,” ujarnya.

Sementara itu, PMK adalah penyakit hewan yang sangat menular. Selain sapi, penyakit ini juga dapat dijumpai pada kerbau, kambing, domba, babi, rusa, dan gajah. Penularannya juga dapat terjadi lewat manusia. Oleh karena itulah PMK tergolong ke dalam penyakit serius.

Baca Juga: Kota Tangerang Jadi Tuan Rumah Liga 3 Nasional 2024, Stadion Benteng Reborn Disiapkan Sebaik Mungkin

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah