Warga Banten, Yuk Kenali Post Holiday Blues, Rasa Lesu yang Muncul Pasca Libur Lebaran

- 17 April 2024, 13:42 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami post holiday blues pasca liburan
Ilustrasi orang yang mengalami post holiday blues pasca liburan /Freepik

ZONABANTEN.com – Masa libur lebaran 2024 yang berlangsung selama seminggu akhirnya habis. Setelah menikmati waktu luang yang cukup panjang, sebagian orang merasa lesu saat harus kembali menjalankan aktivitasnya sehari-hari seperti bekerja atau sekolah.

Warga Banten, tahukah Anda, istilah rasa lesu itu adalah post holiday blues. Setelah liburan selama berhari-hari dengan hati yang senang, sebagian orang tiba-tiba malah merasa kehabisan energi saat harus kembali berhadapan dengan kesibukannya.

Warga Banten harus tahu, tanda-tanda post holiday blues adalah merasa sulit berkonsentrasi, kurang motivasi, bad mood, merasa cemas, bahkan merasa stres dan tidak tertarik lagi pada pekerjaan atau sekolahnya.

Jika warga Banten mengalami gejala post holiday blues, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja karena hal ini berdampak terhadap produktivitas Anda. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi post holiday blues. Simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: Wow, Ada 1,5 Juta Orang yang Berwisata ke Pantai di Banten saat Libur Lebaran 2024

1. Membuat Perencanaan

Setelah liburan, cobalah susun kembali jadwal Anda. Kerjakan hal-hal yang menjadi prioritas Anda, misalnya tugas-tugas dari kantor yang harus segera diselesaikan. Menetapkan tujuan dapat meningkatkan fokus dan motivasi Anda untuk kembali beraktivitas seperti biasanya.

2. Menciptakan Lingkungan yang Positif

Anda dapat menciptakan lingkungan yang positif dengan mendekorasi ruang kerja Anda, misalnya meletakkan tanaman hias atau pernak-pernik. Menyetel musik juga dapat membangkitkan semangat atau gairah Anda untuk kembali produktif.

3. Berbagi Pengalaman

Pengalaman Anda selama liburan dapat diceritakan kepada orang lain. Kegiatan ini dapat mengurangi rasa kehilangan di hati Anda usai menghabiskan waktu libur selama berhari-hari. Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja juga berdampak positif terhadap produktivitas Anda.

Baca Juga: Demi Kelancaran Arus Balik Lebaran 2024, ASN Pemprov Banten Boleh WFH 2 Hari

4. Beradaptasi Perlahan-lahan

Jika Anda merasa sangat lesu untuk kembali beraktivitas seperti biasanya, jangan terlalu memaksakan diri Anda. Beradaptasilah secara perlahan-lahan. Dengan begitu, produktivitas dan performa Anda akan kembali membaik seiring berjalannya waktu.

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah