Lebaran Sebentar Lagi, Harga Bahan Pangan di Provinsi Banten Masih Stabil, Begini Kata Virgojanti

- 2 April 2024, 10:53 WIB
Pj. Sekda Provinsi Banten, Virgojanti.
Pj. Sekda Provinsi Banten, Virgojanti. /Pemprov Banten

ZONABANTEN.com – Sepekan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, harga beras di Provinsi Banten mulai mengalami penurunan. Hal itu disampaikan Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Virgojanti.

Menurutnya, penurunan harga beras ini terjadi karena sejumlah lumbung padi di Provinsi Banten telah memasuki masa panen raya pada pertengahan Maret 2024. Selain itu, harga bahan pangan lainnya juga masih stabil.

“Secara umum untuk kondisi di Provinsi Banten sendiri terkendali dengan baik. Harga beras sudah mengalami penurunan karena sudah memasuki panen raya. Kemudian harga kebutuhan pokok lainnya juga masih stabil,” kata Virgojanti.

Dia melanjutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan fokus menjaga kestabilan harga bahan pangan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. Pihaknya akan menggandeng sejumlah stakeholder di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Baca Juga: Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Provinsi Banten Turun, Begini Kata Al Muktabar

“Kita terus berkolaborasi dengan dinas terkait, kabupaten dan kota untuk berbagi tugas ke titik-titik yang memang membutuhkan gerakan operasi pasar,” ujarnya.

Virgojanti menambahkan, Pemprov Banten akan memastikan operasi pasar tersebut tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat lokasi sehingga gerakan yang dilakukan benar-benar efektif untuk mencegah inflasi menjelang lebaran.

“Itu yang menjadi catatan dan kita pastikan semuanya akan tepat sasaran, waktu, dan lokasinya,” ucap Virgojanti.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, Agus M. Tauchid, ketersediaan beras di daerah ini berpotensi surplus sehingga harganya stabil. Masa panen raya tersebut akan berlangsung sejak Maret hingga April 2024.

Baca Juga: Pasca Pemilu 2024, Al Muktabar Bilang Kondisi Provinsi Banten Aman dan Terkendali

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x