Israel Klaim Akan Menormalisasi Hubungan dengan Indonesia, Ini Jawaban Kemlu

- 12 April 2024, 12:30 WIB
Israel klaim akan menormalisasi hubungan dengan Indonesia, ini jawaban Kementerian Luar Negeri
Israel klaim akan menormalisasi hubungan dengan Indonesia, ini jawaban Kementerian Luar Negeri /@iqbal_lalu_muhammad/Instagram

ZONABANTEN.com - Media Israel menyatakan Indonesia berniat menormalisasi hubungan dengan Israel dalam kurun waktu dekat ini. Hal ini langsung ditanggapi oleh pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu), yang menganggap berita ini sebagai keliru.  Hal ini dinyatakan Juru Bicara Kemlu di hadapan pers pada Kamis, 11 April 2024.

Baca Juga: Warga Palestina Makin Menderita, MUI Lebak Ajak Umat Islam Boikot Produk Israel

"Terkait isu pembukaan hubungan diplomatik dengan Israel, saya tegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, terlebih di tengah situasi kekejaman Israel di Gaza saat ini. Posisi Indonesia tidak berubah dan tetap kokoh mendukung kemerdekaan Palestina dalam kerangka two-state solution. Indonesia akan selalu konsisten, berada di garis terdepan membela hak-hak Bangsa Palestina," ujar Juru Bicara Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal.

Selain dihajar pertanyaan mengenai pembukaan hubungan diplomatik dengan Israel, Lalu juga dihajar pertanyaan mengenai keanggotaan OECD.

"Waktu yang diperlukan setiap negara untuk menyelesaikan proses keanggotaan penuh di OECD berbeda-beda. Semua tergantung kesiapan negara tersebut. Beberapa negara memerlukan waktu 3 tahun, beberapa lagi memerlukan lebih dari 5 tahun," sambungnya. 

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki konsulat kehormatan di Ramallah, Palestina.

Baca Juga: Mendekati Ramadhan, PBNU Desak Israel Buka Akses Masjidil Aqsa Bagi Muslim Selama Ramadhan

Konsulat ini awalnya bertujuan sebagai mediator antara pihak Israel dengan Palestina, namun nyatanya hanya berfungsi sebagai perwakilan kehormatan Indonesia di Palestina.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Pikiran Rakyat ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah