Pangkat Brigadir J dan Bharada E Lebih Tinggi Mana? Ini Urutan Jenjang Kepangkatan Polri

- 6 Agustus 2022, 08:25 WIB
Pangkat Brigadir J dan Bharada E Lebih Tinggi Mana? Ini Urutan Jenjang Kepangkatan Polri
Pangkat Brigadir J dan Bharada E Lebih Tinggi Mana? Ini Urutan Jenjang Kepangkatan Polri //Teras Gorontalo

ZONABANTEN.com - Publik dihebohkan dengan kasus baku tembak antara sesama anggota Polisi, Brigadir J dan Bharada E di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, 8 Juli 2022 silam.

Dalam insiden tersebut Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir Joshua meninggal dunia dengan keterangan awal 7 luka tembak yang berasal dari 5 peluru yang dilepaskan dari pistol Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E.

Dikatakan sebelumnya Brigadir J mengeluarkan 7 kali tembakan, namun tidak ada yang mengenai Bharada E. Sementara 5 tembakan yang dilepaskan Bharada E semuanya tepat mengenai Brigadir J.

Baca Juga: Website Kejari Garut Diretas, Seret Kasus Brigadir J

Meski keahlian tembak-menembak yang dimiliki anggota Polri tidak begitu berhubungan secara signifikan dengan pangkat, namun ada baiknya kita mengetahui urutan pangkat Polisi yang ada di kesatuan.

Kepangkatan Polisi diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kepangkatan dalam Polri dibagi menjadi tiga jenis yakni Perwira, Bintara dan Tamtama. Khusus pada jenjang Perwira terdiri dari Perwira Tinggi (Pati), Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama).

Baca Juga: Ancaman 15 Tahun, Isi Pasal 338 jo 55 dan 56 KUHP yang Jerat Bharada E, Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J

1. Perwira Tinggi

Halaman:

Editor: Siti Fatimah Adri

Sumber: Pikiran Rakyat Humas Polri


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x