Pasca Idulfitri, Volume Sampah di Kota Tangerang Naik 20 Persen, Sampai 1.800 Ton Sehari

- 16 April 2024, 09:29 WIB
Pasca Idulfitri, volume sampah di Kota Tangerang naik 20 persen, sampai 1.800 ton per hari.
Pasca Idulfitri, volume sampah di Kota Tangerang naik 20 persen, sampai 1.800 ton per hari. /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Volume sampah di Kota Tangerang pasca Idulfitri 1445 Hijriah mengalami peningkatan sebesar 20 persen, didominasi sampah organik berupa sisa-sisa sayur dan buah yang berasal dari rumah tangga masyarakat setempat.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Tihar Sopian, pihaknya tetap bertugas selama libur lebaran 2024. Sejumlah petugas kebersihan dikerahkan untuk mengangkut sampah yang berserakan di Kota Tangerang.

Tihar mengatakan, selama libur lebaran 2024, pihaknya dapat mengangkut 1.800 ton sampah dalam sehari. Namun, menurutnya peningkatan volume sampah ini tidak terlalu signifikan. Selain itu, penumpukan sampah yang menggunung juga tidak terjadi.

“Peningkatan volume sampah tidak terlalu signifikan dari hari biasanya selama libur lebaran. Pasalnya, di hari biasa mengangkut 1.500 ton sampah setiap harinya,” kata Tihar.

Baca Juga: Mau Makan Steak Enak dan Murah di Kota Tangerang? Mampir ke Mee Steak, Dagingnya Full 100 Persen

Dia menambahkan, selama libur lebaran 2024, DLH Kota Tangerang mengerahkan petugas kebersihan dan kendaraan pengangkut sampah di sejumlah kelurahan. Pihaknya tetap bertugas sesuai arahan Penjabat (Pj.) Wali Kota Tangerang, Nurdin.

“Kami terus memastikan kenyamanan di Kota Tangerang terjaga dengan menerjunkan petugas pengangkut sampah dan kebersihan selama libur lebaran. Tentunya ini meminimalisir penumpukan sampah selama libur lebaran di Kota Tangerang,” ujarnya.

Tihar pun mengingatkan masyarakat Kota Tangerang untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, terutama di bantaran sungai. Sebab, hal ini dapat menimbulkan banjir.

Tihar juga mengajak masyarakat Kota Tangerang untuk meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai dan menggunakan alat makan pribadi saat bepergian. Misalnya membawa tumbler atau botol air minum yang dapat diisi ulang sehingga mengurangi sampah plastik.

Baca Juga: Legendaris di Kota Tangerang, Ini Dia Sate Ayam Haji Ishak yang Bisa Terjual 600 Porsi Sehari

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah