Truth: Airin-Benyamin Gagal Urus Sampah Hingga Tanggul Jebol, Mending Ngga Usah Nyalon

- 22 Mei 2020, 23:47 WIB
Aco Ardiansyah bersama Jupri Nugroho dari lembaga Tangerang Public Tranparency Watch (Truth)

ZONABANTEN.com - Jebolnya tanggul penopang sampah di TPA Cipeucang menjadi sorotan sejumlah pihak. Usai Fraksi PSI DPRD Kota Tangsel, kini Tangerang Public Transparency Watch (Truth) angkat bicara.

Koordinator Truth Aco Ardiansyah menyatakan bahwa jangka waktu 10 tahun kepemimpinan Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie, dianggap gagal dalam menanggulangi permasalahan sampah. Bahkan, disinyalir melebihi batas tonase dan kurang baiknya bangunan tanggul penahan, sampah meluber hingga ke Sungai Cisadane, setelah tanggul penahan jebol.

Baca Juga: DLH Tangsel Tak Tahu Penyebab Longsornya TPA Cipeucang, KLHK: Kami Sedang Konfirmasi Walikota
"Jebolnya sheet pile (tanggul penahan) yang membatasi TPA Cipeucang dengan aliran sungai cisadane yang belum lama dibangun ini menimbulkan tanda tanya besar. Dalam penelusuran kami melalui LPSE Kota Tangsel, bangunan dinding tersebut dikerjakan pada tahun 2019 lalu. Hal tersebut menunjukkan bahwa bobroknya manajemen tata kelola TPA Cipeucang dibawah Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie," kata Aco lewat rilis resminya, Jumat (22/5/2020).

"Oleh karenanya, kami sebagai masyarakat mendesak agar pihak yang berwenang turun melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas kejadian ini. Dan Pemerintah Kota Tangsel, dalam hal ini Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie dan seluruh jajaran dibawahnya yang berwenang harus bertanggungjawab atas kejadian ini karena tidak hanya berpotensi merugikan keuangan negara namun juga merusak lingkungan," tandas Aco.

Baca Juga: 719 Pemudik Nekat Terjaring Razia, 95 kendaraan Travel Gelap Diamankan

Hal senada dikatakan Wakil koordinator Truth, Jupri Nugroho. Jupri mengatakan agar Benyamin Davnie yang hendak maju menjadi Calon Walikota Tangsel, agar mengurungkan niatnya, terlebih dengan gagalnya tata kelola TPA Cipeucang.

"Mending ngga usah nyalon. Udah gagal total kok. Ngapain 10 tahun gitu-gitu aja," tegas Jupri.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Fraksi PSI DPRD Kota Tangsel Aji Bromokusumo mengatakan bahwa tanggul yang menelan anggaran cukup besar tersebut perlu diusut tuntas. Pasalnya, kata Aji, belum juga genap enam bulan, tanggul itu sudah jebol.

Baca Juga: Waktu yang Berjalan Lambat jadi Inspirasi Endah N Rhesa dalam Single ' Ssslow '

"Hasil penelusuran sementara kami, informasi awal nilai kontrak tersebut sebesar Rp. 23.851.489.070,51; dengan nilai segitu, belum sampai enam bulan sudah jebol, patut dipertanyakan. Tunggu penelusuran kami lebih jauh. Waktu warga meninjau ke lokasi, terlihat sheet pile (tanggul) yang jebol hanya sekedar dipasang diatas tumpukan sampah, tanpa ada terlihat struktur ataupun penguat," kata Aji yang juga merupakan Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

X