Ini 10 Resep Obat Tradisional Indonesia, Baik untuk Kesehatan

- 28 Juni 2020, 08:16 WIB
ILUSTRASI ramuan herbal.*

ZONABANTEN.com -  Ada fakta menarik terkait ilmu pengobatan dan juga obat-obatan. Ternyata, jauh sebelum pengobatan Barat modern diperkenalkan, orang Indonesia berhasil memerangi banyak penyakit dengan resep obat tradisional.

Bahkan hingga kini, banyak rumah tangga masih lebih suka menggunakan resep kuno ini daripada obat-obatan modern. Ramuan atau obat tradisonal tersebut bermanfaat untuk beragam jenis keluhan dan penyakit. Mulai dari obat demam hingga ramuan penurun berat badan.

Lantas, apa saja ramuan dan resep obat tradisional Indonesia yang luar biasa tersebut, berikut tim ZONABANTEN merangkumnya untuk anda.

Baca Juga: Terkena Gigitan Ular Berbisa, Begini Cara Menanggulanginya

Kunyit-Asam Jawa

Ditemukan di banyak dalam resep masakan Asia, kunyit juga dihargai karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Dikombinasikan dengan asam, herbal asam kunyit adalah obat yang terbukti untuk nyeri haid, peradangan, tekanan darah tinggi, dan banyak lagi. Banyak juga yang mengandalkan herbal ini untuk menurunkan berat badan.

Untuk membuat minuman ini, cukup seduh kunyit atau bubuk kunyit dan asam dalam jumlah yang sama, tambahkan gula aren dan garam secukupnya.

Temulawak

Temulawak, atau jahe Jawa, adalah tanaman rempah asli Indonesia dan selama berabad-abad telah diamati dan menghasilkan beberapa manfaat kesehatan. Minuman Temulawak telah digunakan untuk meredakan mual, pusing, dan gejala pilek. Racikan Temulawak seringkali dianfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan, terutama untuk anak-anak.

Untuk membuat ramuan temulawak, tumbuk temulawak dan seduh dengan asam dan gula aren. Biarkan mendidih sampai hanya tersisa setengah air.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: https://theculturetrip.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X