Memperingati 27 Tahun, album terlaris NOFX ‘Punk in Drublic’

- 19 Juli 2021, 06:15 WIB
Memperingati 27 Tahun, album terlaris NOFX ‘Punk in Drublic’
Memperingati 27 Tahun, album terlaris NOFX ‘Punk in Drublic’ /NOFX

ZONABANTEN.com - Punk in Drublic adalah album penuh kelima NOFX, yang dirilis oleh Epitaph Records tepat pada hari ini, 27 tahun yang lalu. Album ini dianggap salah satu album esensial, dan turut andil dalam ledakan punk rock revival pada dekade 90-an.

Di Indonesia album ini diedarkan oleh PT Indo Semar Sakti. Selain NOFX, cukup banyak rilisan Epitaph Records yang dilisensi oleh perusahaan tersebut. Seperti The Humpers, Gas Huffer, SNFU, DFL, Voodoo Glow Skulls, Wayne Kramer, Rancid dan The Offspring.

Bagi para penikmat musik bawah tanah di Tanah Air, Punk in Drublic semacam pintu gerbang untuk mengenal skate punk lebih jauh. Meski pada saat itu istilah skate punk belum dikenal. Minimnya sumber referensi dan literasi menjadi alasan ketidaktahuan tersebut, sehingga apapun yang didengar cukup disebut dengan punk rock saja, tidak ada pendefinisian yang spesifik.

Album ini merangkum 17 repertoar lagu dan menjagokan "Don't Call Me White" dan "Leave It Alone" sebagai single utamanya. Namun ironisnya justru "Linoleum" lah, lagu yang paling populer dan banyak dibawakan oleh band-band di berbagai Negara.

Baca Juga: Jadi Trending Topik di Twitter, Aldi Eks CJR Dituduh Tipu Fans dan Sebut Kata Tak Pantas

“Leave it Alone” adalah satu-satunya single yang diproduksi video klipnya. Meski begitu Fat Mike sang frontman, menolak klip tersebut diputar di MTV. Lebih jauh, lagu tersebut juga dipakai untuk soundtrack video game Watch Dogs 2.

Musik yang ditawarkan dalam Punk in Drublic cukup variatif. Bahkan album ini memuat dua lagu bernuansa ska-reggae berjudul "Reeko" dan "Scavenger Type". Bisa dibilang hampir semua album punk asal Amerika yang rilis pada pertengahan 90-an, menyisipkan satu atau dua lagu ska di dalamnya.

Seperti The Offspring pada lagu "What Happened To You", Waterdog pada lagu “Youngsten Turmoil”, Down by Law pada lagu “Radio Ragga”, Peacocks pada lagu "One More Chance", Latex Generation pada lagu “PB & J” dan lain sebagainya.

Semua lagu dalam album ini ditulis oleh Fat Mike, kecuali lagu "Perfect Government" yang merupakan lagu daur ulang milik solois, Mark Curry.  Sedangkan lagu "Leave It Alone" ditulisnya bersama Eric Melvin sang gitaris.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X