Pemkot Tangerang Kampanyekan Program KB untuk Peringati Hari Kartini 2024

- 20 April 2024, 13:02 WIB
Pemkot Tangerang mengampenyekan program KB untuk memperingati Hari Kartini 2024
Pemkot Tangerang mengampenyekan program KB untuk memperingati Hari Kartini 2024 /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Minggu, 21 April 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengampanyekan program Keluarga Berencana (KB) di tiga belas kecamatan se-Kota Tangerang.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang, Jatmiko, kampanye ini bertujuan untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat setempat dalam ber-KB.

Jatmiko mengatakan, layanan KB ini tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Tangerang. Mulai dari rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, hingga tempat praktik bidan. Masyarakat setempat dapat mengaksesnya pada 18-26 April 2024.

“Tidak hanya mengampanyekan program KB di masyarakat, kami juga memanfaatkan pelayanan serentak ini agar dapat memberikan dampak signifikan untuk mencegah resiko stunting di Kota Tangerang,” katanya.

Baca Juga: Ribuan Sapi di Kota Tangerang Bakal Divaksinasi untuk Mencegah PMK, Vitamin pun Diberikan

Jatmiko melanjutkan, dengan layanan KB ini, masyarakat Kota Tangerang dapat melakukan pemasangan spiral, implan, serta mendapatkan pil KB, suntik KB, dan kondom. Tersedia layanan KB untuk jangka panjang dan jangka pendek.

Selain itu, ujar Jatmiko, pengadaan layanan KB ini juga merupakan arahan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Banten. Harapannya, kesadaran masyarakat Kota Tangerang untuk ber-KB semakin meningkat.

“Kami berharap pelayanan KB serentak ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum Kota Tangerang secara maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, program KB bertujuan untuk mengendalikan populasi penduduk Indonesia agar tidak membludak. Pemerintah Indonesia mendorong setiap pasangan suami istri (pasutri) untuk memiliki dua anak saja agar kehidupannya lebih sehat dan sejahtera.

Baca Juga: Tips Mencegah Resiko Hemofilia dari Dinkes Kota Tangerang, Salah Satunya Jangan Makan Sembarang Obat

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah