Puluhan Rumah Warga Kabupaten Lebak Rusak akibat Bencana Alam, Bantuan Tak Kunjung Disalurkan

- 29 Januari 2024, 12:44 WIB
Puluhan rumah warga Kabupaten Lebak rusak akibat bencana alam, bantuan tak kunjung disalurkan.
Puluhan rumah warga Kabupaten Lebak rusak akibat bencana alam, bantuan tak kunjung disalurkan. /ANTARA

ZONABANTEN.com – Puluhan rumah warga Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengalami kerusakan akibat pergeseran tanah. Kondisi ini telah berlangsung selama bertahun-tahun tetapi pemerintah daerah (pemda) setempat tak kunjung menyalurkan bantuan.

Menurut Anda Suhanda (45 tahun), salah satu warga Kecamatan Cimarga, dia merasa ketakutan setiap hujan deras dan angin kencang datang. Sebab, kondisi rumah yang ditempatinya sangat memprihatinkan dan dia khawatir rumah ini roboh.

“Kami sangat ketakutan jika hujan lebat disertai angin kencang dan petir selama beberapa hari terakhir ini, khawatir roboh,” katanya.

Anda mengaku dirinya telah bertahan di rumah rusak tersebut selama 3 tahun karena tidak memiliki uang untuk memperbaiki atau membangun rumah baru di tempat lain. Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak pun tak kunjung memberikan bantuan.

Baca Juga: Dilanda Hujan Deras dan Angin Kencang, Belasan Rumah di Kabupaten Lebak Roboh

Menurut Anda, jumlah rumah warga Kecamatan Cimarga yang rusak akibat pergeseran tanah mencapai 76 unit dan 41 unit di antaranya hingga kini masih dibiarkan begitu saja dalam kondisi rusak, sebab bantuan dari Pemkab Lebak tak kunjung datang.

“Kami berharap adanya bantuan untuk kembali membangun rumah di lokasi lainnya yang aman dari bencana alam itu,” ujarnya.

Sana (55 tahun), warga Kecamatan Cimarga lainnya, mengatakan hal serupa. Dia pun mengaku kecewa terhadap Pemkab Lebak yang seolah tak peduli dengan nasib para warganya. Padahal, kata Sana, dia telah membuat kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sesuai arahan Pemkab Lebak yang sebelumnya berjanji akan memberikan bantuan.

“Kami terpaksa membangun rumah dengan biaya sendiri karena bantuan yang ditunggu tidak ada,” tuturnya.

Baca Juga: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Banten, Seorang Warga Lebak Baru Saja Celaka di Laut

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah