1500 Kamar Hotel Bintang 2 dan 3 Di Jakarta Disiapkan Untuk Menampung Pasien OTG Covid

- 14 September 2020, 22:36 WIB
Foto Aerial Wisma Atlet Kemayoran. Penyalaan lampu-lampu di Wisma Atlet bukan berarti semua tower terisi pasien COVID-19 tapi menjadi simbol kesiapan Wisma Atlet menghadapi semakin tingginya kasus positif di Ibu Kota.
Foto Aerial Wisma Atlet Kemayoran. Penyalaan lampu-lampu di Wisma Atlet bukan berarti semua tower terisi pasien COVID-19 tapi menjadi simbol kesiapan Wisma Atlet menghadapi semakin tingginya kasus positif di Ibu Kota. //ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

ZONABANTEN.com - Provinsi DKI Jakarta resmi menerapkan kembali PSBB mulai hari Senin 14 September 2020. Salah satu alasan yang mendasari penerapan ini adalah tingkat okupansi Rumah Sakit rujukan yang sudah cukup tinggi.

Sementara itu Menteri Kesehatan (Menkes) Dr. Terawan Agus Putranto menyampaikan pemerintah telah menambah tempat isolasi pasien baik untuk gejala ringan atau yang tanpa gejala.

"Untuk yang gejala ringan di Jakarta disiapkan rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran. Disiapkan dua tower, tower 6 terdapat tempat tidur sebanyak 1.746, sudah terisi 888. Sedangkan tower 7 terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 749," jelas Menkes saat melakukan konferensi pers di Kantor Presiden, Senin 14 September 2020.

Baca Juga: Tahap Perbaikan Berkas, KPU Tangsel: Pilar Saga Sudah Bekerja Sebelum Lahir

Untuk pasien tanpa gejala flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran menyiapkan tower 4 dan 5. Tower 4 ada 2.472 tempat tidur yang belum terisi, sementara di tower 5 ada 2.472 tempat tidur baru terisi 81.

Tak hanya itu, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah balai pelatihan kesehatan (Bapelkes) di Jakarta maupun di Ciloto kapasitas ada 326 kamar yang bisa menampung 653 orang.

Dukungan lain, dari pihak swasta berupa hotel-hotel kelas bintang dua dan tiga di Jakarta yang siap difungsikan sebagai tempat isolasi mandiri para pasien tanpa gejala. "Ada 10 - 15 hotel dengan kapasitas 1.500 kamar, atau bisa menampung 3000 orang," Terawan menambahkan.

Untuk dukungan hotel-hotel itu bekerjasama dengan jaringan grup hotel Accor, Novotel, Ibis, Tauzia atau hotel Harris dan lain-lain termasuk dukungan dari hotel-hotel di berbagai provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga: Akademisi Sebut Politik di Pilkada Tangsel 'Perang Beking' Penguasa

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x