Wow Hebat! China Bangun ‘Bulan Buatan’, Untuk Apa Ya?

- 15 Januari 2022, 08:38 WIB
China membangun bulan buatan yang terinspirasi dari ‘katak melayang’.
China membangun bulan buatan yang terinspirasi dari ‘katak melayang’. /Pixabay/Ponciano

ZONABANTEN.com - Setelah sukses dengan matahari buatan, China kembali dengan eksperimen ‘gilanya’ yaitu membangun ‘bulan buatan’.

Bulan buatan produksi negara China ini dijadwalkan untuk peluncuran resmi pada tahun ini. Pembangunan bulan buatan ini dimaksudkan untuk eksperimen simulasi lingkungan gravitasi rendah.

Bulan buatan yang dibangun negara China ini tidak berbentuk bulat seperti bulan yang dikenal. Tetapi merupakan sebuah ruang vakum berdiameter 60 cm dengan medan magnet di dalamnya, untuk membuat gravitasi menghilang.

Baca Juga: Pengiriman Ponsel 5G Meningkat Tajam di China Sepanjang 2021

Para ilmuwan mengakui bahwa percobaan yang mereka lakukan terinspirasi dari percobaan ‘katak melayang’ yang pernah dilakukan Andre Geim, seorang fisikawan asal Inggris.

Seorang insinyur geoteknik di Universitas Pertambangan dan Teknologi China, Li Ruilin, mengatakan pada South China Morning Post, bahwa ruangan akan diisi debu dan batu untuk meniru bulan asli.

Li Ruilin juga mengatakan bahwa hal ini baru pertama ada di dunia, dan ini dapat mempertahankan kondisi gravitasi rendah selama yang diinginkan.

Baca Juga: Wow! Negara Tiongkok Ciptakan Matahari Buatan dengan Uji Coba Fusi Nuklir

Pembangunan bulan buatan ini dimaksudkan untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah, sebelum akhirnya dikirim ke bulan.

Halaman:

Editor: Rizki Ramadhan

Sumber: Live Science


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network