10.800 Wanita Menggugat Google Atas Ketimpangan Gaji Diskriminasi Gender Sebesar US$600 Juta

- 30 Mei 2021, 13:48 WIB
Ilustrasi Google, 10.800 Wanita Menggugat Google Atas Ketimpangan Gaji Diskriminasi Gender Sebesar US$600 Juta
Ilustrasi Google, 10.800 Wanita Menggugat Google Atas Ketimpangan Gaji Diskriminasi Gender Sebesar US$600 Juta /Pixabay/Firmbee

 

ZONABANTEN.com – Empat karyawan wanita di Google memenangkan status gugatan kelompok untuk melanjutkan gugatan mereka seputar perbedaan upah gender, karena Google gagal meyakinkan hakim untuk memblokir status gugatan kelompok.

Gugatan tersebut memungkinkan karyawan yaitu empat penggugat utama untuk mewakili 10.800 wanita yang menuntut ganti rugi lebih dari USS$600 juta (Rp8 T).

Para wanita tersebut menuduh bahwa Google telah melanggar Undang-Undang Penggajian Setara California, yang dianggap sebagai tindakan paling ketat dari jenisnya di seluruh AS.

“Ini adalah hari yang penting bagi wanita di Google dan di sektor teknologi, dan kami sangat bangga dengan klien kami yang berani karena telah memimpin. Perintah ini menunjukkan bahwa sangat penting bagi perusahaan untuk memprioritaskan membayar wanita secara adil daripada menghabiskan uang untuk melawan mereka dalam proses pengadilan," tulis Kelly Dermody, pengacara yang mewakili para wanita, dalam email ke Bloomberg dikutip ZONABANTEN.com dari MSN.

Baca Juga: Terlibat Kecelakaan Saat Bersepeda, Mantan Bintang Liga NBA, Mark Eaton Meninggal Dunia

Menurut pengajuan sebelumnya dalam gugatan yang mengutip analisis ekonom UC Irvine David Neumark, pekerja wanita di Google berpenghasilan hampir US$16.800 lebih rendah daripada pria yang memiliki posisi serupa.

Menurut Dermody, mereka sekarang bergerak untuk membawa kasus tersebut ke persidangan yang diharapkan akan dimulai pada tahun 2022.

Google dalam sebuah pernyataan kepada Bloomberg mengatakan bahwa mereka telah melakukan analisis selama delapan tahun terakhir, memastikan gaji, bonus, dan penghargaan ekuitas adil.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: MSN


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x