Antivirus Corona Kementan dari Eucalyptus Berikut Sembilan Manfaat Tersembunyi Yang sudah Dikenal

- 4 Juli 2020, 11:40 WIB
Salah satu jenis pohon Eucalyptus yang tumbuh di Australia //PIXABAY-@sangaib

ZONABANTEN.com - Diinformasikan sebelumnya, Kementerian Pertanian RI berencana akan memproduksi antivirus corona dari tanaman atsiri (eucalyptus) yang  dikemas dalam bentuk kalung. Antivirus ini rencananya akan  akan diproduksi massal pada Agustus tahun ini.

"Ini antivirus hasil Balitbangtan, eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, 1 yang bisa mematikan Corona hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus. Dan kita yakin. Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo usai menemui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PUPR, Jakarta pada hari Jumat 3 Juli 2020, seperti dilansir oleh Galamedianews PRMN.

Melansir dari Healthline, tanaman Eucalyptus ini awalnya ada di benua Australia. Pohon eucalyptus sekarang telah tumbuh di seluruh dunia dan digunakan sebagai bahan dasar beragam obat. Kekuatan penyembuhan mereka berasal dari minyak kayu putih, yang terbuat dari daun berbentuk oval pohon.

Baca Juga: Kementerian Pertanian RI Pekenalkan Antivirus Corona Dalam Bentuk Kalung

Daun dikeringkan, dihancurkan, dan disuling untuk melepaskan minyak esensial. Setelah minyak diekstraksi, itu harus diencerkan sebelum dapat digunakan sebagai obat.

Berikut ini sembilan manfaat dasar minyak kayu putih, beberapa sudah dikenal oleh masyarakat di Indonesia.

  1. Menghentikan batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Vicks VapoRub, misalnya, mengandung sekitar 1,2 persen minyak kayu putih bersama dengan bahan penekan batuk lainnya.

Penerapannya digosokkan pada dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk pilek atau flu biasa. 

  1. Mengeluarkan lendir

Apakah Anda batuk tetapi tidak ada lendir yang muncul? Minyak kayu putih tidak hanya bisa menghentikan  batuk, tetapi juga membantu Anda mengeluarkan lendir dari dada.

Menghirup uap yang dibuat dengan minyak esensial dapat melonggarkan lendir sehingga ketika Anda batuk, itu dikeluarkan. 

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Galamedianews, Health Line


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X