Jawaban Materi 4.18 Madrasah Game (Penjas Akomodatif) PINTAR Kemenag Pelatihan Pendidikan Inklusi di Madrasah

29 Maret 2024, 04:50 WIB
Jawaban Materi 4.18 Madrasah Game (Penjas Akomodatif) PINTAR Kemenag Pelatihan Pendidikan Inklusi di Madrasah /PINTAR Kemenag/

ZONABANTEN.com – Simak, ini adalah kunci jawaban dari latihan soal materi 4.18 Pelatihan Pendidikan Inklusi di Madrasah/Sekolah PINTAR Kemenag.

Dalam materi 4.18 Pendidikan Inklusi di Madrasah/Sekolah PINTAR Kemenag ini membahas tentang Madrasah Games (Penjas Akomodatif).

Ada 5 soal pada akhir materi yang harus dikerjakan oleh setiap peserta pelatihan.

Berikut, kunci jawaban dari latihan soal materi 4.18 Pelatihan Pendidikan Inklusi di Madrasah/Sekolah PINTAR Kemenag Madrasah Games (Penjas Akomodatif).

Baca Juga: Jawaban Soal Materi 4.16 Pembelajaran dalam Setting Kelas Inklusif PINTAR Kemenag Pelatihan Pendidikan Inklusi

1 dari 5 soal

Program aktivitas untuk menanamkan nilai-nilai ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an kepada peserta didik melalui kegiatan permainan olahraga dalam pendidikan di madrasah, guna membantu semua peserta didik dalam mengembangkan dan mewujudkan potensi mereka.

Program aktivitas dimaksud pada pendidikan inklusif di madrasah dinamakan...

A ice breaking

B Madrasah Games

C sport activity

D body kinestetik

Soal 2 dari 5

Di bawah ini adalah sesi-sesi pada Madrasah Games:

1) Presentation (presentasi)

2) Warm up activity (kegiatan pemanasan)

3) Learning activities (kegiatan pembelajaran)

4) Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)

5) Cool down activity (kegiatan pendinginan)

6) Closing (penutup)

Urutan yang tepat saat sesi Madrasah Games berlangsung adalah..

A 1, 2, 3, 4, 5, 6

B 1, 3, 2, 5, 4, 6

C 1, 2, 4, 3, 5, 6

D 1, 4, 3, 2, 1, 6

Baca Juga: Jawaban Soal 4.14 Pembelajaran dalam Setting Kelas lnklusif PINTAR Kemenag Pelatihan Pendidikan Inklusi...

3 dari 5 soal

Madrasah Games bukan program untuk mencapai keunggulan dalam bidang olahraga, tetapi bermanfaat untuk meningkatkan tumbuh-kembang peserta didik melalui berbagai permainan olahraga sebagai alat menciptakan perubahan positif.

Di bawah ini aspek tumbuh kembang yang menjadi tujuan khusus program madrasah games yaitu

A kognitif, bahasa, motorik, permainan, dan kemandirian

B kognitif, bahasa, olahraga, sosial emosional, dan kemandirian

C kognitif, bahasa, motorik, sosial emosional, dan kemandirian

D kognitif, perilaku, motorik, sosial emosional, dan kemandirian

4 dari 5 soal

Guru dan peserta didik duduk melingkar untuk mendorong kepercayaan diri peserta didik di antara mereka sendiri, kemudian guru memperkenalkan sebuah nilai tertentu dan bertanya kepada peserta didik tentang arti dari nilai tersebut dan menjelaskan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan anak-anak pada hari itu untuk membantu anak-anak memahami arti dari sebuah nilai akan meningkatkan proses belajar mereka.

Aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi..

A presentation (presentasi)

B Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)

Baca Juga: Jawaban Materi 4.10 Program Pendidikan Individual (PPI) Pendidikan Inklusi di Madrasah/Sekolah PINTAR Kemenag

5 dari 5 soal

Berikut ini tujuan khusus Madrasah Games, kecuali..

A menyebarluaskan nilai-nilai yang terkait dengan olahraga guna mendorong terjadinya perubahan sikap

B mendorong kesetaraan gender

C menanamkan kompetisi di kalangan peserta didik

D menyediakan ruang untuk saling bertemu, berdialog dan bertukar pengalaman untuk mendorong kohesi dan inklusi sosial

Note: Tulisan bercetak miring merupakan jawaban dari masing-masing soal.

DISCLAIMER: Soal kemungkinan muncul secara acak, ZONABANTEN.com tidak bertanggungjawab atas adanya kesalahan jawaban dan urutan yang berbeda.

Demikian tadi kunci jawaban dari latihan soal materi 4.18 Pelatihan Pendidikan Inklusi di Madrasah/Sekolah PINTAR Kemenag Madrasah Games (Penjas Akomodatif).***

Editor: Rahman Wahid

Sumber: PINTAR Kemenag

Tags

Terkini

Terpopuler