Konservasi Energi dan Efisiensi Energi Ternyata Berbeda, Mana Yang Sebaiknya Dilakukan?

- 5 Juli 2020, 10:30 WIB
Ilustrasi pemeliharaan listrik.* /Electro Technical Officer/

 

ZONABANTEN.com -Untuk mengurangi penggunaan  listrik, setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu dengan konservasi energi dan efisiensi energi.  Hal ini dilakukan dengan cara memperpanjang usia penggunaan sumber daya dan mengurangi biaya yang dikeluarkan. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2009 tentang Konservasi Energi, konservasi energi merupakan upaya sistematis, terencana, dan terpadu yang bertujuan untuk melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya.

Melansir dari sewatama.com, konservasi energi berarti sebuah perilaku yang bertujuan untuk mengonsumsi energi lebih sedikit. Sehingga muncul istilah 3M konversi energi yakni : Mematikan, Mencabut dan Mengatur.

Baca Juga: Tips Mengetahui Perbedaan BPKB Asli atau Palsu Dari Ciri Fisiknya.

Perilaku yang termasuk dalam 3 M ini antara lain mematikan peralatan elektronik saat sedang tidak digunakan, mencabut saklar agar peralatan elektronik tidak terus berada dalam posisi stand by, dan menggunakan panas buangan dari boiler untuk dijadikan energi listrik terbarukan.

Sedangkan, yang dimaksud dengan efisiensi energi adalah tindakan pengurangan jumlah energi yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang sama atau lebih pada suatu proses konservasi energi.

Proses efisiensi energi sangat menekankan pada penggunaan peralatan yang lebih hemat energi untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Beberapa tindakan efisiensi energi yang umum dilakukan antara lain :

  • Menggunakan kembali bahan yang telah digunakan (re-use)
  • Menggunakan lampu LED atau alat listrik hemat energi lainnya
  • Mengganti peralatan atau mesin lama dengan mesin baru yang lebih efisien secara penggunaan energi

Baca Juga: Update Corona 4 Juli 2020, Sebaran Nasional Jawa Timur Masih Tertinggi, Bali Masuk 5 besar

Walaupun berbeda dalam penerapannya, baik efisiensi energi maupun konservasi energi dapat dilakukan bersamaan agar biaya listrik dapat ditekan.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Sewatama


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X