Lolos Seleksi Administrasi, Ratusan Calon Anggota Paskibra Kota Tangerang Ikut Tes Kepribadian

- 23 April 2024, 13:02 WIB
Ratusan calon anggota Paskibra Kota Tangerang Tahun 2024 mengikuti tes kepribadian di Ruang Al-Amanah Puspemkot Tangerang, Selasa, 23 April 2024.
Ratusan calon anggota Paskibra Kota Tangerang Tahun 2024 mengikuti tes kepribadian di Ruang Al-Amanah Puspemkot Tangerang, Selasa, 23 April 2024. /Pemkot Tangerang

ZONABANTEN.com – Ratusan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Tangerang Tahun 2024 mengikuti tes kepribadian usai dinyatakan lolos seleksi administrasi. Tes ini berlangsung di Ruang Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang pada Selasa, 23 April 2024.

Seleksi calon anggota Paskibra Kota Tangerang Tahun 2024 diikuti pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari tiga belas kecamatan se-Kota Tangerang. Dari 198 siswa-siswi yang mendaftar, 191 orang di antaranya lolos ke tahap kedua, yaitu tes kepribadian.

Menurut Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tangerang, Ahmad Sajari, tes tersebut berlangsung selama sehari. Materi yang diujikan berkaitan dengan wawasan kebangsaan, minat dan bakat, kemampuan dalam berbahasa asing, dan bagaimana para pelajar tersebut memanfaatkan media sosial (medsos).

“Dari semua tahapan seleksi yang ditetapkan, hanya 66 siswa yang akan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni 50 sebagai Paskibraka tingkat Kota Tangerang, 6 cadangan, dan 10 terbaik akan naik tingkat Provinsi Banten dan nasional nantinya,” kata Ahmad.

Baca Juga: Hari Bumi Sedunia, Masyarakat Kota Tangerang Diimbau untuk Mengurangi Sampah Plastik

Dia mengungkapkan, Bakesbangpol Kota Tangerang menggandeng psikolog dari Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk memeriksa kepribadian ratusan calon anggota Paskibraka Kota Tangerang Tahun 2024 tersebut sehingga hasilnya benar-benar akurat karena dilakukan secara profesional.

“Seleksi kepribadian calon Paskibraka ini diikuti 191 siswa yang terinci 88 putri dan 103 putra. Semoga tahun ini Paskibraka Kota Tangerang akan bersinar hingga tingkat nasional dan mendominasi di Provinsi Banten,” ujarnya.

Ahmad berharap ratusan pelajar yang mengikuti seleksi tersebut dapat menunjukkan performa terbaiknya. Dia menuturkan, pembentukan Paskibra pada dasarnya bertujuan untuk mencetak generasi muda yang berjiwa positif sehingga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

“Pembentukan karakter yang akan didapat generasi muda nanti seperti menjadi cerdas, terampil, disiplin, kreatif, inovatif, tanggung jawab, serta memiliki rasa cinta terhadap NKRI,” ucapnya.

Baca Juga: Loyalitas Petugas Kebersihan Kota Tangerang, Belasan Tahun Mengabdi, Terserempet Motor Sudah Biasa

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah