Harga Bawang Merah di Pasar Lama Kota Serang Naik Gila-gilaan, Pembelinya Berkurang

- 23 April 2024, 11:31 WIB
Harga bawang merah di Pasar Lama Kota Serang meroket meskipun Idulfitri telah berlalu
Harga bawang merah di Pasar Lama Kota Serang meroket meskipun Idulfitri telah berlalu /Pixabay

ZONABANTEN.com – Harga bawang merah di Pasar Lama Kota Serang mengalami kenaikan yang signifikan meskipun Idulfitri telah berlalu. Hal ini membuat para pembelinya mengeluh sekaligus terheran-heran.

Menurut pantauan Penjabat (Pj.) Wali Kota Serang, Yedi Rahmat, harga bawang merah di Pasar Lama mengalami kenaikan sebesar 75 persen. Ketersediaannya melimpah tetapi pembelinya berkurang karena harga komoditas ini meroket tajam.

“Tadi saya nanya pedagang, sekarang pembelinya yang berkurang meski stok barangnya banyak,” katanya saat memantau harga bahan pangan di Pasar Lama pada Senin, 22 April 2024, didampingi Asisten Daerah (Asda) II Kota Serang, Yudi Suryadi.

Oleh karena itu, ujar Yedi, Pemkot Serang akan bersiap-siap untuk mencegah terjadinya inflasi. Salah satunya dengan melakukan penanaman bawang merah dan memberikan subsidi bahan pangan kepada masyarakat Kota Serang.

Baca Juga: RSUD Kota Serang Ramai Pasien Pasca Lebaran 2024, Banyak yang Terkena DBD

“Akan ada wadah untuk memberikan subsidi kepada masyarakat dan petani melalui BUMD yang akan dibuat, karena selama ini kita hanya melalui BUMD Provinsi Banten, dan ada warung inflasi yang mengontrol dan menangani kenaikan bahan pokok agar pedagang tidak sembarangan menaikkan harga,” ujarnya.

Lina, salah satu pedagang yang berjualan di Pasar Lama, berharap Pemkot Serang dapat segera bertindak cepat mengatasi persoalan ini. Menurutnya, harga bawang merah di Pasar Lama mengalami kenaikan sejak sebelum lebaran 2024 hingga sekarang, bahkan kenaikannya mencapai 100 persen.

“Untuk harga bawang merah di Pasar Lama masih di kisaran Rp80 ribu per kilogram yang biasanya Rp40 ribu, disusul dengan harga tomat sekarang mencapai Rp30 ribu dan harga cabai Rp50 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram,” tuturnya.

Lina mengaku kasihan pada pelanggannya yang merasa keberatan saat berbelanja karena harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Lama sangat tinggi. Mereka heran mengapa hal ini terjadi, padahal Idulfitri telah berlalu lebih dari seminggu lalu.

Baca Juga: Sebelum Masuk Kota Serang, Pendatang Diharapkan Punya Tujuan yang Jelas agar Tak Merepotkan

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah