Bus Tuyul, Bus Besar ‘Gagal Tumbuh’ yang Jadi Andalan Masyarakat di Beberapa Daerah

- 19 Januari 2022, 17:43 WIB
Bus Engkel atau Bus tuyul jadi andalan masyarakat di beberapa daerah/infotiket.com
Bus Engkel atau Bus tuyul jadi andalan masyarakat di beberapa daerah/infotiket.com /

ZONABANTEN.com - Bus engkel atau yang sering disebut bis tuyul menjadi di beberapa daerah alat transportasi yang banyak digunakan di beberapa daerah.

Bus engkel atau bus tuyul ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari medium bus, namun lebih besar dari angkot atau microbus pada umumnya. Dimensinya yang kecil membuat bus tuyul dapat bergerak jauh lebih lincahn daripada bus medium.

Bus tuyul juga dibuat setinggi bus medium agar bisa memuat penumpang yang berdiri. Didalam interiornya juga dipasangi kursi untuk penumpang duduk.

Dimensi yang pendek namun beratap tinggi membuat bus engkel terlihat 'bulat dan bantat. Karena dimensinya itulah bus engkel kemudian dijuluki bus tuyul.

Baca Juga: Ini Alasannya Mobil Crossover SUV Sangat Populer, Pecinta Mobil Pasti Setuju!

Bus ini menggunakan sasis dari truk engkel atau truk empat roda. Bus engkel biasanya dibangun diatas sasis Mitsubishi Colt Diesel FE Series, Hino Dutro, Isuzu NMR.

Sasis ini dipilih karena punya ukuran yang cocok untuk digunakan pada jalan pedesaan yang sempit dengan medan yang naik turun.

Seperti bus pada umumnya, terdapat dua buah pintu pada sisi kiri untuk keluar masuk penumpang. Pintu tersebut berada di bagian depan dan tengah.

Namun biasanya, pintu bagian tengah yang paling sering digunakan. Hal itu disebabkan kabin depan yang terpisah karena menyediakan 2 kursi penumpang. Pintu tengah ini juga biasanya digunakan kondektur bus untuk mencari penumpang.

Halaman:

Editor: Rizki Ramadhan

Sumber: ayonaikbis.com, karoseri-id.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x