Keponakan Prabowo dan Anak Jokowi Masuk Bursa Cagub-Cawagub Jakarta, Warganet: Jan Ethes Sekalian

- 30 Mei 2024, 10:46 WIB
Budisatrio Djiwandono - Kaesang Pangarep calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024.
Budisatrio Djiwandono - Kaesang Pangarep calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024. /Instagram/@sufmi_dasco/

ZONABANTEN.com – Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep digadang-gadang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada November mendatang sebagai Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta.

Hal itu diketahui usai Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto Budi dan Kaesang yang berlatar belakang Monas dengan embel-embel Cagub-Cawagub Jakarta. Foto ini diunggah di akun Instagram-nya pada Rabu, 29 April 2024 dan menuai kontroversi.

Budi merupakan politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Dia adalah keponakan Prabowo Subianto, Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

Sementara itu, Sufmi merupakan Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI dan disebut-sebut sebagai tangan kanan Prabowo. Sikapnya yang menunjukkan keberpihakan terhadap Budi dan Kaesang menjadi sorotan warganet.

Baca Juga: Daftar Tokoh yang Berpotensi Ikut Pilkada Banten 2024, Kaesang Pangarep Salah Satunya

Kaesang merupakan Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus anak Presiden RI periode 2014-2024, Joko Widodo, dan adik Wakil Presiden (Wapres) RI periode 2024-2029 sekaligus Wali Kota Solo periode 2020-2025, Gibran Rakabuming Raka.

Kaesang yang kini terjun ke dunia politik dinilai berupaya melanggengkan dinasti politik keluarganya. Mengingat sang ayah, sang kakak, sang kakak ipar, dan sang paman juga berkecimpung di dunia politik dan sempat menimbulkan beragam kontroversi. 

Sejumlah warganet kini mengkritik unggahan Sufmi yang menampilkan foto Budi dan Kaesang sebagai Cagub-Cawagub Jakarta. Mereka mengaku heran mengapa pemerintahan di Indonesia sekarang didominasi keluarga Jokowi, Prabowo, dan kroni-kroninya.

Warganet pun menyoroti umur Kaesang yang saat ini baru mencapai 29 tahun dan belum memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada 2024. Namun, berkaca dari pengalaman sang kakak, warganet mengatakan bukan tidak mungkin persyaratan itu diubah demi Kaesang.

Halaman:

Editor: Rismahani Ulina Lubis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah