ASN di Pandeglang Rentan dengan Konflik Kepentingan Saat Pilkada

- 21 Mei 2024, 22:18 WIB
emerintah Siapkan Beberapa Skenario Pemindahan ASN ke IKN
emerintah Siapkan Beberapa Skenario Pemindahan ASN ke IKN /ilustrasi/

 

ZONABANTEN.com - Di masa-masa menjelang Pilkada seperti ini, rawan dengan kecurangan. Menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, pihak yang rentan terlibat konflik kepentingan adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia menjelaskan karena para ASN kerap dimobilisasi oleh peserta Pilkada, terutama yang berhubungan petahana.

“Pilkada ini dinilai konflik kepentingannya sangat dekat dengan birokrasi yang ada di Pandeglang,” kata Ketua Bawaslu Pandeglang, Febri Setiadi, Senin 20 Mei 2024.

Febri mengatakan, bentuk lain kerentanan konflik kepentingan ASN yakni adanya potensi penggunaan anggaran negara untuk kegiatan desa atau kecamatan. Yang mana dalam penggunaannya sering ditumpangi oleh kepentingan politik tertentu.

“Khawatir kegiatan yang didanai APBDes dan APBD ditumpangi oleh kepentingan politik tertentu,” ucap dia.

Baca Juga: Jadwal TV ANTV Hari Ini Rabu, 22 Mei 2024 Akan Tayang Kasus Viral, Cakrawala, Hingga Hasrat Cinta

Parahnya, jika mengacu pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), indeks netralitas ASN di Pandeglang menempati posisi tertinggi di Provinsi Banten.

Hal itu terbukti saat Pileg dan Pilpres kemarin, Bawaslu menemukan empat ASN yang terlibat politik praktis dan direkomendasikan untuk diberi sanksi.

“IKP Pandeglang soal netralitas ASN tertinggi dari delapan kabupaten kota di Provinsi Banten. Nah kemarin juga ada temuan dari penyelenggara Pemilu ada beberapa ASN yang terlibat politik praktis,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Bayu Kurniya Sandi

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah