Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Ameroro, Berharap Bisa Bermanfaat bagi Masyarakat Konawe

- 15 Mei 2024, 11:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Selasa, 14 Mei 2024
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Selasa, 14 Mei 2024 /BPMI Setpres/Setkab

ZONABANTEN.com – Presiden Joko Widodo resmikan Bendungan Ameroro, berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat Konawe. Pada Selasa, 14 Mei 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Pada persemian tersebut, Presiden menekankan pentingnya keberadaan infrastruktur ini dalam upaya mencegah terjadinya krisis air.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Tinjau Pembangunan Bendungan Mbay, Berharap Dapat Mendorong Produksi Beras di Nagekeo

“Kita tahu beberapa negara sekarang ini mulai terjadi yang namanya krisis air, sulit sekali mendapatkan air. Karena ke depan air menjadi sesuatu yang sangat pentin sekali bagi kehidupan kita, oleh karena itu jangan membiarkan air untuk mengalir terus ke laut dan tidak kita manfaatkan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Bendungan Ameroro dibangun sejak tahun 2020 hingga akhir tahun 2023, dengan biaya sebesar Rp1,57 triliun.

Dengan adanya Bendungan Ameroro ini, Presiden Jokowi berharap dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar, salah satunya dalam mereduksi banji di sekitar wilayah Konawe.

“Kapasitas tampunya 88 juta meter kubik, ini bendungan yang sangat besar sekali dengan luar genangan 398 hektare, dan juga dapat mengurangi banjir, mereduksi banjir yang sebelumnya ada di wilayah di sekitar Konawe ini,” jelas Kepala Negara.

Baca Juga: Jokowi akan Meresmikan Bendungan Terbesar di Banten yang Berpotensi Jadi Kawasan Wisata

Selain itu, Bendungan Ameroro ini juga berdampak positif pada sektor pariwisata, khususnya di Kabupaten Wakatobi.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah