Pasca Rangkaian Erupsi Eksplosif Gunung Ruang, PVMBG Keluarkan Peringatan Potensi Tsunami

- 18 April 2024, 16:00 WIB
Peringatan potensi tsunami dikeluarkan oleh PVMBG terkait erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara
Peringatan potensi tsunami dikeluarkan oleh PVMBG terkait erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara /PVMBG

ZONABANTEN.com – Pasca rangkaian erupsi eksplosif Gunung Ruang, PVMBG keluarkan peringatan potensi tsunami. Peringatan tsunami dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setelah rangkaian erupsi eksplosif yang disertai awan panas terjadi di Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut,” ujar Kepala PVMBG, Hendra Gunawan pada Rabu, 17 April 2024.

Berdasarkan data PVMBG, selama kurun waktu 24 jam terakhir, sudah terjadi lima kali erupsi dengan ketinggian 1.800-3.000 meter dari puncak Gunung Ruang.

Baca Juga: Gunung Ruang Naik Status dari Siaga ke Awas, Bandara Sam Ratulangi Terpaksa Ditutup 

Akibat dari erupsi eksplosif Gunung Ruang, menimbulkan suara gemuruh, gempa, dan kilatan petir vulkanik.

Pada periode 1-17 April 2024, PVMBG mencatat sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh di Gunung Ruang.

Dengan skala 1 MMI, gempa terasa tercatat sebanyak empat kali. Jumlah kegempaan, terutama gempa vulkanik dalam yang terjadi pada periode 1-17 April 2024, menunjukkan kenaikan siginifikan dibandingkan Maret 2024.

Setelah kenaikan tingkat aktivitas menjadi Waspada (level II) pada 16 April 2024 pukul 13.00 WITA, dan Siaga (level III) pada 16 April 2024 pukul 16.00 WITA, aktivitas visual dan kegempaan menunjukan peningkatan yang signifikan.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah