Hak Angket DPR: Apakah Benar Dapat Mempengaruhi Hasil Pemilu 2024?

- 23 Februari 2024, 11:50 WIB
Hak angket DPR: apakah benar dapat mempengaruhi hasil Pemilu 2024??
Hak angket DPR: apakah benar dapat mempengaruhi hasil Pemilu 2024?? /dpr.go.id

ZONABANTEN.com - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung ramai. Sama seperti Pemilu tahun-tahun sebelumnya. Polemik pasti ada, mengingat pemilu sama halnya seperti perlombaan, ada yang menang dan ada yang kalah. Ketidakterimaan dari masing-masing kubu mulai bermunculan. Itu merupakan respon terhadap proses perhitungan cepat yang sedang berlangsung sampai sekarang ini.

Berbagai isu mulai dimunculkan, mulai dari isu kecurangan sampai pada pelanggaran dan pemakzulan, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) disinyalir turut mengintervensi jalannya Pemilu 2024.

Salah satu gerakan yang terlihat jelas adalah gerakan Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3, telah menyerukan kepada partai pengusungnya di DPR, PDI Perjuangan dan PPP, untuk menggunakan hak interpelasi dan angket sebagai respons terhadap dugaan kecurangan dalam Pilpres 2024.

Mereka menggunakan semua kekuatan parlemennya untuk menggunakan hak angket yang digunakan dalam penyusutan kecurangan Pemilu 2024.

Menurutnya, penting untuk meminta pertanggungjawaban KPU dan Bawaslu terkait dengan penyelenggaraan pemilu yang diduga penuh dengan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

Usulan ini kemungkinan akan dibahas pada pembukaan sidang DPR pada Maret mendatang.

Baca Juga: Adian Napitupulu Sebut Hak Angket ke DPR RI Solusi Tepat untuk Ungkap Kecurangan Pemilu 2024

Dorongan atau gerakan tersebut direspon positif oleh calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Halaman:

Editor: Dinda Indah Puspa Rini

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x