Ada Kaitannya! Hubungan Gempa Bumi Cianjur dengan Sesar Lembang, Begini Penjelasannya

- 29 November 2022, 13:58 WIB
Gempa Bumi Cianjur / BNPB
Gempa Bumi Cianjur / BNPB /

ZONABANTEN.com - Musibah gempa bumi di Cianjur, Senin, 21 November 2022 lalu diduga diakibatkan oleh  pergerakan dari Sesar Cimandiri.

Beradasarkan paparan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa penyebab gempa dengan kekuatan 5,6M yang terjadi di Cianjur pada Senin, 21 November 2022 lalu disebabkan  akibat pergerakan Sesar Cimandiri.

Baca Juga: Warning! Dampak Serius Gempa Bumi Sesar Lembang, Bandung Raya Paling Terdampak

Irwan Meilano, Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan bahwa letak Sesar Cimandiri berhampiran dengan Sesar Lembang.

“Ujung barat Sesar Lembang bertemu dengan ujung utara dari Sesar Cimandiri,” terang Irwan.

Kedua sesar tersebut mempunyai perbedaan periodisasi dan mekanisme.

Irwan berharap agar gempa di Cianjur pada senin lalu tidak memicu aktivitas Sesar Lembang. “Kita harapkan kejadian gempa ini berakhir di Sesar Cimindi dan tak memicu Sesar Lembang,” ujarnya.

Baca Juga: Spoiler One Piece 1068: Luffy Bertemu Lucci yang Mnargetkan Vegapunk

Mengutip dari Jurnal BMKG dengan tajuk “Aktivitas Sesar Lembang di Utara Cekungan Bandung” memuat bahwa Sesar Lembang merupakan sesar yang terbentang antara Gunung Manglayang di timur sampai Cisarua di bagian barat dengan panjang sekitar 22 km.

Apabila ada pergerakan, maka Sesar Lembang akan memunculkan gempa tektonik maupun longsor dengan pengulangan periode sekitar 170 hingga 670 tahun.

Halaman:

Editor: Rahman Wahid

Sumber: Persbirama Unikom


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah