Empat Presiden Indonesia Lahir Bulan Juni, Berikut Informasinya

- 1 Juni 2020, 11:58 WIB
Empat Presiden Indonesia Lahir di Bulan Juni.

ZONABANTEN.com - Tanpa terasa hari ini kita sudah memasuki tanggal 1 Juni. Bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari lahir Pancasila.

Bulan Juni, bulan ke enam dalam kalender Masehi ini, merupakan bulan yang istimewa, banyak tanggal penting didalamnya, karena merupakan tanggal kelahiran empat tokoh nasional Indonesia yang juga pernah menjabat atau sedang menjabat sebagai Presiden RI.

Berikut ini informasinya.

6 Juni

6 Juni 1901 tercatat sebagai tanggal kelahiran Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Dr (HC) Ir. Soekarno, Ia dilahirkan di Kota Surabaya, Jawa Timur dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia pada tahun 1945 sampai 1966.

Soekarno yang juga akrab dipanggil Bung Karno juga dikenal sebagai arsitek alumni dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB) di Bandung dengan mengambil jurusan teknik sipil dan tamat pada tahun 1926.

Baca Juga: 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Ini Sosok Perancang Garuda Pancasila

8 Juni

8 Juni 1921, adalah hari kelahiran Jenderal Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto. Soeharto lahir di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soeharto menjabat sebagai Presiden Indonesia kedua dari tahun 1967 sampai dengan 1998 menggantikan Presiden Soekarno. Di dunia internasional, Soeharto mempunyai sebutan populer "The Smiling General" karena raut mukanya yang selalu tersenyum di muka pers dalam setiap acara resmi kenegaraan. 

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X