Ingin Hibur Pasien, Seorang Dokter Gunakan APD Kostum Superhero

- 30 Mei 2020, 09:57 WIB
DOKTER orthopaedi di RS Hermina Yasmin Bogor tiba-tiba viral di media sosial karena menggunakan kostum superhero sebagai APD.* instagram/@erric_manibuy

ZONABANTEN.com – Sesuai protokol kesehatan, seorang tenaga medis yang bertugas , harus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Hal ini bertujuan untuk melindungi tenaga medis dari penularan covid-19. Terutama paparan virus corona bisa juga terjadi dari orang tanpa gejalan (OTG). Adakalanya penggunaan APD lengkap ini malah menimbulkan ketidaknyamanan saat menangani pasien.

Seperti halnya di Bogor, seorang dokter berinisiatif menggunakan kostum superhero sebagai APD di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Cerita Kesembuhan Nenek Kamtin, Survivor Covid-19 Tertua Di Surabaya

Dokter Rollando Erric Manibuy atau yang akrab disapa dr. Erric ini awalnya merasa risih jika harus menggunakan APD lengkap saat menangani pasien. Pasalnya, ia adalah dokter spesialis ortopedi di Rumah Sakit Hermina, Yasmin Kota Bogor, bukan petugas penanganan COVID-19.

"Sejak pandemi ini, kita jadi takut juga ya karena kan belum tentu orang yang kena tuh bergejala," tuturnya saat dihubungi via Instagram, Jumat 29 Mei 2020.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-Rakyat.com dalam artikel Viral di Medsos Usai Pakai APD Kostum Superhero, dr. Erric Ingin Bangun Optimisme di Tengah Pandemi

Baca Juga: Pemkot Tangerang Berikan Relaksasi Pembayaran Pajak Daerah,Berikut Infonya !

APD lengkap dinilai cukup efektif mencegah infeksi, namun efeknya menurut Erric, pasien akan merasa was-was dan ketakutan.

"Sedangkan, kalau dokter ya kalau enggak pakai APD was-was juga. Kita mau periksa pasien, kan enggak semua orang akan diskrining," kata dr. Erric.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X