Ketua Apindo Sumsel : Sektor Pertanian Masih Mendominasi di Sumatera Selatan

- 28 Mei 2020, 15:15 WIB
ilustrasi Pertanian /PIXABAY @sasint

ZONABANTEN.com - Dalam konteks dunia usaha, Sumatera Selatan masih didominasi sektor pertanian dimana berdasarkan data dari Bank Indonesia Sumatera Selatan, sekitar 52% pekerja terlibat di sektor ini.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumatera Selatan, Sumarjono Saragih, yang dihubungi via telpon Kamis (28/5). Menurut Sumarjono, sektor ini masih tangguh menghadapi pandemi covid-19.

“Pertanian, jadi salah satu sektor yang tangguh, punya daya tahan,” ujar Sumarjono.
(sub sektor) perkebunan, jadi (sub) sektor unggulan di Sumsel,” terangnya.

Baca Juga: Wagub Sumsel Mawardi Yahya Melayat ke Rumah Duka Korban Perahu Tenggelam

Sumarjono menambahkan, di luar sektor pertanian, banyak yang menutup tempat usahanya.
“Di luar sektor itu (pertanian), seperti pariwisata, hotel, retail, industri makanan dan manufaktur kondisinya sama seperti kondisi nasional dan juga global – yang sudah (kolaps) dan harus menutup tempat usahanya,” imbuhnya. 
“Dan pertanian sejauh ini tidak laporan ada penularan (covid-19) apalagi jadi pusaran. Ini yang harus kita syukuri," terang Sumarjono.

Baca Juga: Tinjau Check point, Herman Deru Pastikan Pelanggaran PSBB Turun
Meskipun menjadi sektor yang paling kuat bertahan di tengah pandemi covid-19, Sumarjono menyayangkan pelaku usaha di sektor pertanian tidak mengikuti perkembangan digitalisasi.

“Sayangnya mereka itu (pelaku usaha di sektor pertanian) tidak bisa mengikuti jaman digitalisasi ekonomi, sehingga mereka tergopoh-gopoh mengejar situasi yang kini berbeda,” terang Sumarjono.

“Walaupun bisnis mereka berjalan, namun karena marketing (pemasaran) sudah ter-digitaliasi semua, mereka tidak siap. Alhasil mereka terdampak (covid-19) juga,” imbuhnya.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, 13 Juli Ditetapkan sebagai Awal Tahun Ajaran Baru 2020 /2021

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X