Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel Ingin Maksimalkan Pendistribusian Kredit Mikro

- 18 Oktober 2021, 21:45 WIB
Rachmat Gobel Wakil Ketua DPR
Rachmat Gobel Wakil Ketua DPR /Instagram.com/rachmatgobel_rg

ZONABANTEN.com­ – Pembiayaan pada usaha mikro harus mendapat perhatian lebih karena perkembangan sektor ini sangat berdampak pada tingkat kesejahteraan rakyat menengah ke bawah dan pada masalah kesenjangan perekonomian rakyat.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengharapkan adanya pemaksimalan pendistribusian kredit bagi pelaku usaha mikro yang pelaksanaannya sempat mengalami penurunan karena adanya pandemi COVID-19.

"Pembiayaan pada usaha mikro harus mendapat perhatian lebih karena perkembangan sektor ini sangat berdampak pada tingkat kesejahteraan rakyat menengah ke bawah dan pada masalah kesenjangan perekonomian rakyat," kata Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dalam pernyataan di Jakarta.

Baca Juga: Masih Rumor! Mantan Reporter Lee Jinho Sebut Kim Seon Ho Sebagai Aktor K, Namun Agensi Masih Bungkam

Ia memaparkan kredit yang luar biasa pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh 2,68 persen dari Rp1.078 triliun pada Juni 2020 menjadi Rp1.107 triliun pada Juni 2021.

Menurut Wakil Ketua DPR, bila dilihat lebih rinci, pertumbuhan itu hanya terjadi pada outstanding usaha kecil dan menengah yang masing-masing naik 15,90 persen dan 9,03 persen dalam periode yang sama.

"Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa pembiayaan untuk usaha mikro anjlok, padahal sebagian besar pelaku usaha di Indonesia adalah usaha mikro. Karena itu, pembiayaan untuk pelaku usaha ini harus menjadi perhatian utama agar mereka juga mendapat peluang dalam proses pemulihan perekonomian nasional," kata Rachmat Gobel.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah rekening kredit UMKM juga sempat turun 4,2 persen, dari 16,12 juta rekening pada Maret 2020 menjadi 15,44 juta rekening di Juli 2020. Rekening kredit mikro tercatat turun tajam 6,49 persen menjadi 12,73 juta.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Sudah Cair? Begini Nasib Pemilik Rekening Swasta

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X