Kunjungi Desa Wisata Karanganyar, Sandiaga Uno Disambut Dengan Tarian Tradisional dari Zaman Sunan Kalijaga

- 14 Oktober 2021, 03:10 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Juliyatmono melihat-lihat produk UMKM yang dipamerkan ketika mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, Sabtu (9/10/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Juliyatmono melihat-lihat produk UMKM yang dipamerkan ketika mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, Sabtu (9/10/2021). /Langgeng Widodo/

ZONABANTEN.com —‌‌‌‌ Sandiaga Uno menjajal atraksi seru saat visitasi  50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ke Desa Wisata Karanganyar, Magelang Jawa Tengah, Selasa 12 Oktober 2021.

Sebelum tiba di desa wisata yang berjarak 2,5 kilometer dari Candi Borobudur itu, Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berkeliling desa menaiki ATV, bermain sepak takraw bersama anak-anak, hingga mencoba kerajinan gerabah yang merupakan salah satu warisan leluhur, yang terdapat dalam interpretasi relief di candi Budha terbesar di dunia itu.

 Baca Juga: Heboh Tagar Biadab di Twitter, Polisi Banting Mahasiswa hingga Pingsan dan Kejang

Sandiaga Uno disambut tarian Kubro Ponco Siswo sesampainya di sana.

Kubro Siswo merupakan kependekan dari Kesenian Ubahing Badan Lan Rogo yang memiliki arti “kesenian mengenai gerak badan dan jiwa”. 

Makna dari tarian ini adalah selaras antara hasrat, pikiran, dan perilaku untuk menjalani perjalanan hidup.

Dalam perkembangannya, tarian ini sangat unik dan penuh humor terutama ditambah dengan atribut yang mengundang daya tarik penonton. 

Di tengah tarian, para penyanyi melantunkan lagu-lagu yang berisi tentang tuntunan hidup dalam agama Islam.

Baca Juga: Bangga! Indonesia Berhasil Lolos Perempat Final dan Jadi Juara Grup A Thomas Uber Cup 2020

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X