Makanan Khas Papua berbahan dasar Sagu yang Tak Kalah Unik dari Papeda

- 13 Oktober 2021, 17:30 WIB
Makanan Khas Papua berbahan dasar Sagu yang Tak Kalah Unik dari Papeda
Makanan Khas Papua berbahan dasar Sagu yang Tak Kalah Unik dari Papeda /@kemenparekraf.ri

 

ZONABANTEN.com - Papua adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dengan banyak budaya dan mempunyai banyak makanan khas yang berbahan dasar sagu. Papua memang sangat identik dengan segala jenis makanan berbahan dasar sagu ini karena di Papua lebih banyak ladang sagu ketimbang ladang padi atau gandum.

"Tidak hanya kaya akan budaya dan keindahan alamnya aja sob, ternyata Papua juga menyimpan beragam kuliner lezat yang menarik untuk ditelusuri, sobat tentunya sudah tahu, alih-alih nasi masyarakat Papua cenderung mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok sehari-hari. Selain diolah menjadi Papeda di Papua sagu dapat diolah menjadi Sagu Kering, Bubur Sagu dan Sinole. Setiap hidangan memiliki cara penyajian yang berbeda. Ada yang dapat dimakan langsung sebagai camilan seperti Sinole dan Sagu Kering. Ada pula yang menjadikannya sebagai makanan pokok seperti Papeda atau Bubur Sagu. Saat dijadikan makanan pokok hidangan cenderung ditambahkan kuah atau isian tertentu agar mengeluarkan cita rasa yang khas," dikutip dari laman instagram @kemenparekraf.ri pada 12 Oktober 2021.

Baca Juga: KUMPULAN HARI INI 13 OKTOBER 2021: Kasus Covid Menurun, Indonesia Posisi 14 hingga Pemerkosa Anak

1. Sinole

Salah satu kuliner khas Papua yang berbahan dasar sagu ditambah parutan kelapa dengan cita rasa yang unik.

2. Bubur sagu

Makanan khas Papua yang terbentuk dari sagu kering yang dihaluskan atau direndam agak lama. Biasanya dimakan bersama kacang dan gula.

Baca Juga: Daftar 10 Provinsi dengan Kasus Corona Tertinggi di Indonesia Hari Ini 13 Oktober 2021, Lagi,DKI di Puncak!

3. Papeda

Halaman:

Editor: Bunga Angeli

Sumber: Kemenparekraf RI


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X